Harga dan Stok Beberapa Bahan Baku Takjil Masih Aman

DENPASAR – Selain pisang dan kolang-kaling, bahan untuk membuat takjil sebagai makanan berbuka puasa adalah singkong, ubi, dan belewah/labu yang di Bali disebut waluh.
Singkong dari kelas super (besar) sampai kelas standar (sedang dan kecil) dijual dengan harga yang sama, yaitu 3,500 rupiah per kilogram di Pasar Tabanan.
Ubi dari kelas standar sampai kelas super dijual dengan harga yang sama pula, yaitu 5,000 rupiah per kilogram.
Untuk harga Waluh, dijual pedagang dengan harga 15,000 rupiah per biji. Besar dan kecil sama saja. Namun biasanya Waluh berukuran bulat besar sehingga jarang dijual yang berukuran kecil.
“Pasokan lancar, stok aman, harga bagus, pokoknya bahan-bahan takjil seperti singkong, Ubi, dan Waluh sedang enak dijual,” ungkap pedagang asal Mengwitani, Lasmi kepada CND, Senin (29/6/2015).
Para pembuat takjil di pinggir jalan maupun masyarakat yang melaksanakan ibadah puasa akan berbelanja bahan-bahan pembuat takjil sejak siang hari, agar memiliki waktu yang cukup untuk mengolahnya menjadi makanan berbuka puasa yang lezat di sore hari.
Harapan Lasmi kedepannya adalah, harga singkong dan ubi tidak hanya laku saat bulan Ramadhan saja. Karena sejatinya ketiga bahan makanan tersebut masuk golongan makanan pengganti nasi yang harganya tidak mengalami terlalu banyak pergolakan di pasaran.

——————————————————-
SENIN, 29 Juni 2015
Jurnalis       : Miechell Koagouw
Fotografer : Miechell Koagouw
Editor         : ME. Bijo Dirajo
——————————————————-
Lihat juga...