Hari Pertama Puasa Ramadhan, Buah Kelapa Diburu Warga

Dua pedagang, nampak sedang menunggui buah kelapa yang hendak dijual, di pinggiran jalan pasar Ampenan Kota Mataram
MATARAM – Meski hari ini merupakan hari pertama pelaksanaan ibadah puasa Ramadhan dilaksanakan seluruh umat muslim di dunia, namun keramaian sejumlah pasar dan lapak yang terdapat di beberapa titik di Kota Mataram oleh pedagang yang menyediakan makanan siap saji termasuk buah-buah berbuka puasa sudah mulai nampak.
Karena memang, selain sayuran dan makanan, menu utama pertama kali dicari warga adalah aneka minuman segar pelepas dahaga. Dari sekian jenis minuman yang ada, buah kelapa paling diburu warga Kota Mataram, sebagai minuman berbuka puasa.
Pantauan di beberapa titik jalan di Kota Mataram, buah kelapa termasuk yang paling banyak diburu warga sebagai buah persiapan berbuka puasa baik oleh warga biasa maupun kalangan PNS yang baru pulang kerja.
Solihin pedagang buah kelapa muda asal Gunung Sari, Kabupaten Lombok Barat mengaku, merasa kewalahan, saking banyaknya warga yang hendak membeli buah kelapa muda.
“Untuk harga, satu buah kelapa muda, bersama pedagang buah kelapa lain, saya menjual dengan harga 5 ribu rupiah satu biji, itu sudah termasuk biaya transportasi” kata Solihin sambil mengelupas buah kelapa di pasar Ampenan Kota Mataram, Kamis (18/6/2015).
Lebih lanjut Solihin mengatakan, buah kelapa pada bulan puasa memang memang paling diminati dan banyak diburu warga, karena selain segar, air buah kelapa juga lebih alami dibandingkan minuman lain yang umumnya banyak campuran zat pewarna.
Dari hasil penjualan buah kelapa yang dilakoni, Solihin mengaku bisa mendapat keuntungan puluhan hingga ribu rupiah setiap harinya, tergantung sedikit banyaknya pembeli.
Sementara itu, Hamidah, PNS yang sehari-harinya bekerja sebagai PNS di kantor Walikota Mataram, mengaku kalau buah kelapa saat cuaca panas seperti sekarang ini sangat pas sebagai minuman berbuka puasa bersama keluarga, karena selain rasanya yang sebar juga sehat.
“Buah kelapa muda itu segar sekali sebagai minuman berbuka puasa dicampur dengan, ketimbang membeli minuman lain yang banyak mengandung bahan pengawet maupun bahan kimia lain, mendingan beli buah kelapa, kan sehat,” katanya.
——————————————————-
KAMIS, 18 Juni 2015
Jurnalis       : Turmuzi
Fotografer : Turmuzi
Editor         : ME. Bijo Dirajo
——————————————————-
Lihat juga...