Himasi UNTAG Gelar Culture Exchange Indonesia – America

Mahasiswa Asing sedang Tukang jamu
SURABAYA – Kegiatan yang bertajuk pengenalan budaya Indonesia ke masyarakat asing menjadi agenda dalam Culture Exchange yang diadakan oleh Himpunan Mahasiswa Sastra Inggris (HIMASI) Universitas 17 Agustus (UNTAG) Surabaya, di Gedung Graha Wiyata, Jumat (5/6/2015).
Acara ini diisi dengan kegiatan permainan jaman dahulu, seperti klompen / bakiyak, dakon, karambol dan lain-lain. Selain itu, terdapat mahasiswa asing dari Oklahoma University yang didandani sebagai penjual jamu gendong keliling.
Menurut ketua pelaksana, Yuni Dwi Lestari, kegiatan ini merupakan agenda tahunan dari HIMASI. Setiap tahun sebelum Ramadhan selalu mengadakan acara seperti ini dengan tema yang berbeda.
“Kegiatan Culture Exchange merupakan kegiatan yang memperkenalkan budaya Indonesia kepada negara asing” Jelas Yuni di Surabaya, Jumat (5/6/2015). 
Rangkaian acara ini antara lain permainan tradisional, ludruk, lagu tradisional, lagu dangdut. Selain itu terdapat makanan dan minuman khas Indonesia seperti tumpeng, jamu, dan rujak.
Menurut Nathan dan Ryan peserta dari acara ini mengungkapkan kegembiraan mereka dapat belajar budaya bangsa Indonesia selain itu mereka dapat merasakan jamu yang sesuai dengan cita rasa mereka. Manisnya jamu membuat mereka semakin mencintai Indonesia. 
Selain itu sifat keramahtamahan orang Indonesia terhadap orang asing lah yang membuat mereka terpukau dan ingin membawa sifat tersebut ke negaranya. Mereka berkeinginan membawa kenang-kenangan dari Indonesia seperti kebudayaan musik dan instrumen tradisional, batik dan papan dakon untuk diperkenalkan di USA.
Harapan dari panitia semoga ke depannya acara ini semakin meriah dan dapat membawa nama baik Indonesia ke dunia luar.

——————————————————-
Sabtu, 6 Juni 2015
Jurnalis       : Charolin Pebrianti
Fotografer : Charolin Pebrianti
Editor         : ME. Bijo Dirajo
——————————————————-
Lihat juga...