Institut Teknologi Kalimantan Dapat Digunakan Mulai Tahun ini

Institut Teknologi Kalimantan
BALIKPAPAN – Kegiatan perkuliahan di kampus Institut Teknologi Kalimantan (ITK) di kilometer 12 kota Balikpapan, tahun ini dipastikan sudah bisa berjalan. Pasalnya untuk merealisasikan kegiatan perkuliahan tersebut Pemerintah Kota Balikpapan mengalokasi dana sebesar Rp10,7 Miliar.
Sekretaris Badan Perencanaan Pembangunan Daerah (Bappeda) Kota Balikpapan Agus Budi Prasetyo menerangkan alokasi anggaran tersebut untuk pembangunan jaringan listrik dan jalam masuk menuju kampus serta indrastruktur pendukung lainnya yang harus rampung tahun ini. 
“Kami sudah anggarkan kemarin untuk pembangunan jalan masuk sebesar Rp9 miliar dan pemasangan jaringan listrik Rp1,7 miliar. Sudah disetujui oleh DPRD,” kata Agus, Senin (23/6/2015).
Pembangunan kampus ITK  ini  masuk dalam program Mas-terplan Percepatan dan Perluasan Pembangunan Ekonomi Indonesia (MP3EI). ITK dibangun dengan dana APBN secara bertahap.
Pembangunan tahap pertama yang dilakukan oleh PT Nindya Karya yang menelan biaya sebesar Rp32 miliar. Fasilitas yang telah ter-bangun adalah gedung fakultas tiga lantai dengan beberapa ruangan per-kuliahan. 
“Kami belum dapat informasi lanjut mengenai pem-bangunan ta-hap selanjut-nya. Yang jelas lahan untuk pembangunan tahap pertama sudah hampir rampung, yang belum dibebas-kan hanya be-berapa spot saja,” tambahnya.
Hingga saat ini, ITK telah me-nerima 400 mahasiswa yang terbagi dalam 10 jurusan. Untuk kegiatan belajar, mahasiswa tersebut dititipkan di Institut Teknologi Sepuluh November Surabaya hingga gedung perkuliahan siap digunakan.
Ia mengharapkan mahasiswa ITK bisa mulai kuliah tahun ini dengan gedung yang baru yakni Gedung yang ada di Provinsi Kalimantan Timur.
Agus mengakui pembangunan jalan masuk menuju ITK sempat terkendala lahan karena ada lahan milik instansi lain. Namun Hal ini sudah dikomunikasikan ke Pemprov Kaltim. Akses jalan ini sangat penting. Karena jalan ini juga akan dipasangi jaringan listrik dan air bersih bagi keperluan perkulihan di ITK. 
“ Kita berharap segera selesai. Kalau permasalahan lahan jalan selesai,  maka akses untuk pembangunan jaringan listrik dan air juga dapat dikerjakan,”imbuhnya.
——————————————————-
SELASA, 23 Juni 2015
Jurnalis       : Ferry cahyanti
Fotografer : Ferry cahyanti
Editor         : ME. Bijo Dirajo
——————————————————-
Lihat juga...