ISTTS Surabaya Gelar Pameran Hasil Karya Mahasiswa

Pameran Hasil Karya Mahasiswa ISTTS
SURABAYA – Untuk mendapatkan mahasiswa yang berkualitas dan kompetitif di dunia kerja instansi pendidikan memberikan tantangan berupa pameran hasil karya para mahasiswa. Kegiatan ini berjudul So’Xis (baca: So Eksis) digelar di East Rotunda Ground Floor Grand City Mall mulai tanggal 5-7 Juni 2015 mulai pukul 10.00-22.00 WIB.
Sebagai pelaksana yaitu jurusan Desain Komunikasi Visual (DKV) dan Desain Produk ISTTS. Terdapat hal menarik di acara ini yaitu rumah terbalik. Karya rumah terbalik ini didaulat sebagai rumah terbalik pertama di mall di Indonesia yang bisa dimanfaatkan oleh pengunjung sebagai sarana rekreasi dan spot untuk selfie. 
Menurut Alan David Prayogi Dosen Design Produk Institut Sains Terapan dan Teknologi Surabaya (ISTTS) sekaligus ketua panitia, acara ini diisi dengan pameran karya mahasiswa dalam rupa dua dimensi (sketsa dan lukisan), juga terdapat tiga dimensi (miniatur kendaraan, area umum dan rumah adat Jepang) dan menyajikan galeri fotografi dengan tema Eksplorasi Photography yang lebih dari 100 lebih karya foto.
“Ada lomba dan workshop untuk siswa-siswi SMA/SMK sehingga dapat memperkenalkan bidang design ke masyarakat, selain itu bisa menjaring calon mahasiswa” Ungkap Alan. 
Workshop dan lomba terdiri dari menghias topeng, Re-bag (membuat tas dari baban bekas), serta 3D Aeroplane (membuat pesawat sederhana yang dapat diterbangkan tanpa mesin apapun). Dua bulan waktu yang diperlukan untuk persiapan acara ini. Sedangkan untuk membuat rumah terbalik dibutuhkan tiga hari dengan pembuat sebanyak 25 orang.
Salah satu karya yang menarik ditampilkan oleh Edward Harold mahasiswa semester enam ini menampilkan foto bunga terbakar. Bunga yang dipakai yaitu bunga krisan dan bunga mawar karena mudah didapat. Selain itu bisa menghasilkan warna api yang berbeda.
“Cara membuat bunga terbakar yaitu dengan mencelupkan bunga ke dalam alkohol 70%. Kemudian bunga dibakar dan langsung difoto.” Jelas dia.
Sedangkan menurut Zila bagian Humas ISTTS mengapa acara ini dilakukan di mall untuk mengenalkan dan memamerkan hasil karya mahasiswa kepada masyarakat. Harapannya tahun-tahun selanjutnya ada kegiatan seperti ini dengan konsep yang berbeda dan lebih bagus lagi.

——————————————————-
Sabtu, 6 Juni 2015
Jurnalis       : Charolin Pebrianti
Fotografer : Charolin Pebrianti
Editor         : ME. Bijo Dirajo
——————————————————-
Lihat juga...