Jaring Kreator Aplikasi, Telkomsel Gelar DCIC

The Next Dev di Balikpapan 

BALIKPAPAN – Ditengah era digital yang serba praktis ini menuntut berbagai kemudahan dalam aplikasi yang pastinya dapat dikembangkan semua lapisan masyarakat. Untuk menjaring kreator aplikasi Telkomsel menggelar Digital Creative Indonesia Competition (DCIC) bertajuk The NeXT Dev di aula Pemkot Balikpapan, Sabtu (13/6/2015).
General Manager Youth and Community Papua Maluku Sulawesi dan Kalimantan Roosman Koeshendarto mengungkapkan sasaran penjaringan kreator aplikasi ini adalah usia muda yakni usia 18-30 tahun. 
“Kegiatan ini lebih menyasar pada usia muda untuk menggali potensi anak muda untuk menciptakan aplikasi baru. Sekaligus menjembatani para developer untuk menembus pasar,” jelasnya. 
Kegiatan ini dilakukan melakukan roadshow di 10 kota besar di Indonesia salah satunya kota Balikpapan. Program ini membidik langsung segmen muda sejalan dengan program bisnisnya melalui produk bungsu yang notabene produk bungsu Telkomsel. Diformulasikan khusus untuk kaum muda usia 12-22 tahun, lengkap dengan fitur yang juga khas. Hingga kini di area Pamasuka, ada 3,4 juta pelanggan usia muda. 
Roosman menyebutkan, ada 6 tema aplikasi yang bisa dipilih untuk mengikuti kompetisi. Di antaranya pemerinthan, kesehatan, pendidikan, UKM, pariwisata dan transportasi publik. Kemudian mendaftar melalui website www.telkomsel.com/nextdev hingga akhir Juni.
Menurutnya, aplikasi yang mudah digunakan diyakini yang paling mendekati kriteria menang. Tak sekadar menjaring, pihaknya juga memberi edukasi guna membangkitkan kreativitas peserta. Salah satunya dengan menghadirkan pengembang ternama yang mengupas kisah sukses. Di antaranya Ramda Yanurzha CEO The Word Bank dan CEO Layang Layang Mobile Prasetyo Andi Wicaksono atau akrab disapa Paw.
Dalam kesempatan tersebut, Paw mengungkapkan aplikasi tidak harus keren melainkan sarat akan nilai plus. “Seperti punya solusi atau permasalahan ril,” imbuhnya.
Dalam kegiatan The NeXT DEV ini diikuti ratusan anak muda yakni dari kalangan pelajar dan mahasiswa. Paw berharap anak anak muda sekarang harus membawa nama bangsa dengan karya karya terbaiknya dan menghasilkan ide-ide untuk menjadi kreator.
——————————————————-
Minggu, 14 Juni 2015
Jurnalis       : Ferry cahyanti
Fotografer : Ferry cahyanti
Editor         : ME. Bijo Dirajo
——————————————————-
Lihat juga...