Jasa Ekspedisi “Saling Percaya” tambah Penghasilan Sopir Microbus

Sopir Microbus di Terminal Ubung
CENDANANEWS (Denpasar) – Terminal angkutan Microbus di Ubung melayani berbagai jurusan, yaitu Denpasar – Gilimanuk PP, Denpasar-Singaraja PP (via bedugul), Denpasar-Seririt PP (via Pupuan),  dan Denpasar-Seririt PP (via bedugul, Munduk, Banyuatis).
Dengan Kapasitas sepuluh sampai limabelas penumpang dirasakan sudah cukup bagi para sopir Microbus. Akan tetapi selalu ada jalan untuk menambah penghasilan, yaitu melayani Jasa Pengiriman “Saling Percaya” ala awak Microbus. 
Made Abeng, awak Microbus jurusan Denpasar-Seririt via Banyuatis mengatakan bisnis tambahan jasa pengiriman ini sudah lama dilakukan bersama rekan-rekan lainnya. Dengan modal saling percaya dan saling kenal maka hal itu sudah cukup sebagai dasar mereka melayani jasa pengiriman tersebut. 
“Pokoknya kejujuran, itu yang di pegang selama ini dengan para konsumen kita,” kata Made singkat.
Awak Microbus lainnya akur dengan pendapat Made. Mereka adalah Mursidi dan Wayan, melayani trayek Denpasar-Singaraja via bedugul.
“Sudah hampir duapuluh tahun saya layani jasa kiriman barang dan sampai saat ini tidak ada masalah. Jangankan barang hilang, kemasan lecet saja tidak pernah,” jelas Mursidi.
Uang jasa pengiriman per paket adalah 30,000 rupiah. Itu jika diambil di terminal tujuan, namun jika ingin diantar sampai alamat tujuan maka biasanya ditambah 5,000 rupiah. 
Prosesnya adalah, pengirim membawa paket langsung ke terminal Microbus, cari tujuan yang diinginkan. Setelah bertemu awak Microbus maka catatlah nama lengkap sopir, nomor handphone, nomor polisi Microbus, dan nama perusahaan Microbus yang tertera disamping kiri dan kanan badan Microbus. Kirim data-data itu ke Penerima paket. Pembayaran dapat dilakukan di muka atau di tujuan.
“Sehari dapat 100,000 rupiah dari jasa pengiriman paket sudah lumayan, siapa yang mau kasih uang tambahan sejumlah itu di jaman edan seperti ini?,” ujar Wayan, rekan Mursidi.

——————————————————-
Rabu, 3 Juni 2015
Jurnalis       : Miechell Koagouw
Fotografer : Miechell Koagouw
Editor         : ME. Bijo Dirajo
——————————————————-
Lihat juga...