Jatim Tambah Stok BBM untuk Jatim Bali dan Nusa Tenggara

SURABAYA – Pertamina Marketing Operation Region V (MOR V) akan menambah pasokan BBM untuk wilayah Jawa Timur, Bali, dan  Nusa Tenggara pada H-7 hingga H+7 untuk mengantisipasi meningkatnya konsumsi BBM karena arus mudik dan arus balik.
Menurut Ageng Giriyono selaku GM Marketing Operation Region V persiapan Pertamina tidak hanya untuk sektor transportasi darat saja, tetapi juga untuk sektor transportasi udara.
“Untuk Idul Fitri 2015, kebutuhan BBM bersubsidi untuk transportasi darat diprediksi akan terjadi peningkatan pada H-7 hingga H+7 pada masa puncak kebutuhan baik arus mudik maupun arus balik.” Jelasnya kepada awak media.
Sebagai  antisipasi lonjakan konsumsi Pertamina melakukan, peningkatan stok premium 30%, pertamax 20% dari kebutuhan normal. Sedangkan solar akan tetap disediakan seperti pada saat kebutuhan normal, karena diprediksi akan terjadi penurunan terkait larangan beroperasi bagi kendaraan berat H-4 s.d H+1 Idul Fitri dari peraturan pemerintah.
“Kami juga menyediakan SPBU kantong di delapan titik rawan kemacetan di Jawa Timur seperti wilayah Probolinggo, Kediri, Jember, Situbondo, Blitar, Bojonegoro, Trenggalek dan Nganjuk.” Ungkap Ageng, sapaan akrab GM MOR V.
Selain itu SPBU-SPBU di jalur strategis diinstruksikan Pertamina untuk membuka operasionalnya selama 24 jam dan menjaga stoknya terutama H-7 dan H+7 Idul Fitri melalui penambahan Delivery Order (DO).
Untuk memastikan kelancaran suplai BBM Pertamina telah berkoordinasi dengan Hiswana Migas dan pihak eksternal lainnya seperti bank persepsi dan jajaran POLRI/DLLAJR untuk memperlancar angkutan BBM di titik macet. Serta berkoordinasi dengan Otorita Dermaga untuk kelancaran suplai BBM yang dikirim melalui tanker.
Menurut Ageng, peningkatan kebutuhan bahan bakar pesawat udara (avtur) pada masa Idul Fitri diprediksikan akan terjadi di Bandara Juanda-Surabaya, Ngurah Rai-Bali, dan BIL-Lombok.
“Sedangkan di sektor transportasi udara pertamina menyiapkan antisipasi peningkatan stok avtur selama masa Idul Fitri H-15 s.d H+15. Dimana peningkatan stok avtur di DPPU (Depot Pengisian Pesawat Udara) Juanda disiapkan 10%, Ngurah Rai sekitar 7,5%, dan BIL sebanyak 15% dari kebutuhan normal.” Jelasnya.
Apabila terjadi hambatan dan kendala distribusi, masyarakat bisa menghubungi contact Pertamina 500-000, via HP 021-500000, via SMS 08159500000.
——————————————————-
SELASA, 23 Juni 2015
Jurnalis       : Charolin Pebrianti
Fotografer : Charolin Pebrianti
Editor         : ME. Bijo Dirajo
——————————————————-
Lihat juga...