Jelang Lebaran, BI Balikpapan Siapkan Rp4 Triliun Uang Kartal

Deputy Kepala Perwakilan BI Balikpapan, Edi Wijaya
BALIKPAPAN – Kantor Perwakilan Bank Indonesia Wilayah Balikpapan menyediakan uang kartal sebesar Rp4 triliun untuk memenuhi kebutuhan masyarakat akan uang cash selama Ramadan dan Indul Fitri 1436 Hijriah. “Pasokan ini untuk penuhi penukaran uang masyarakat di Balikpapan,” terang Deputi Kepala Perwakilan BI Balikpapan Edi Wijaya, Selasa (30/6/2015).
Edi menjelaskan uang kartal yang disediakan tersebut tidak hanya untuk memenuhi kebutuhan masyarakat, namun juga memenuhi kebutuhan perbankan. 
“Uang kartal yang disediakan dua kali lipat karena pastinya jelang kebutuhan uang kartal masyarakat meningkat seperti pembayaran tunjangan hari raya,” sebutnya.
Selain itu, BI juga sudah mengatur jadwal untuk penukaran uang tersebut dan di Kantor BI Balikpapan di Jalan Jenderal Sudirman loket penukaran dibuka sejak 18 Juni lalu hingga 9 Juli nanti pada pukul 09.00-11.00 Wita.
“Saya lihat masyarakat malah sudah antre sejak pukul 07.00 pagi, bahkan puncaknya kemarin dalam satu hari mencapai 300 orang yang melakukan penukaran,” kata Edi begitu biasa disapa.
Pada tanggal 6-9 Juli nanti BI menambah tempat penukaran dengan mengerahkan mobil kas keliling. Mobil itu akan berada di dua tempat setiap hari yaitu pada pukul 09.00-10.30 dan 11.00-12.00.
Rencananya Mobil kas keliling akan berkunjung ke Pasar Klandasan dan Pasar Baru/Balcony pada Senin 6/7, Pasar Pandansari dan Pasar Rapak Selasa, dan Kamis di Pasar Segar Balikpapan Baru, Pasar Sepinggan, dan tambahan jadwal di pukul 13.30-15.00 di Pasar Manggar.
“Iya pada hari Rabu kami khususkan untuk melayani perbankan dan penukaran uang rusak, terbakar, atau yang dicabut dari peredaran,” jelas Edi kepada media.
Tahun ini juga sejumlah perbankan di Balikpapan juga menyediakan jasa penukaran uang. Hal ini untuk memudahkan masyarakat dalam memenuhi kebutuhan uang baru untuk lebaran. “Tradisinya pada saat lebaran masyarakat perlu uang baru, sehingga kebutuhan pasti meningkat,” ujarnya. 
——————————————————-
SELASA, 30 Juni 2015
Jurnalis       : Ferry cahyanti
Fotografer : Ferry cahyanti
Editor         : ME. Bijo Dirajo
——————————————————-
Lihat juga...