Jelang Porprov, Pengcab Perpani Karangasem Gembleng para Atlet

Atlit Panahan Karangasem, Bali
DENPASAR– Lapangan KONI Karangasem di Jalan Untung Surapati, Amlapura, Kabupaten Karangasem terdengar bising akan lesatan anak panah Para atlet Panahan Pengcab Perpani Karangasem. Latihan rutin yang dipimpin oleh asisten pelatih Susila Darma tampak menitikberatkan kepada nomor-nomor Panahan jarak jauh sesuai kelasnya masing-masing.
Latihan serius seperti ini bukan tanpa alasan, namun dilakukan sebagai persiapan akhir menjelang Kejuaraan GANDAWA Archery Cup se-provinsi Bali, di Badung, sebagai ajang pemanasan atlet Panahan Kabupaten Karangasem menjelang PORPROV Bali di bulan September 2015.
Susila Darma menjelaskan, mereka menitikberatkan latihan untuk jarak jauh. Penyebabnya adalah, Karangasem daerah perbukitan, dengan demikian memiliki angin yang berubah-ubah serta kecepatan angin yang kencang.
“Kaitannya adalah dengan kekuatan dan kejelian atlet itu sendiri. Jika dia mampu menguasai jarak jauh maka diharapkan dalam jarak dekat mereka bisa mengatasinya dengan baik,” tutur Susila Darma kepada kami di sela-sela kesibukannya memimpin latihan, Sabtu (6/6/2015).
Namun bukan berarti masalah jauh dari Tim Panahan Pengcab Perpani Karangasem, karena untuk nomor Compound mereka masih kekurangan atlet di bagian Putri. Hal ini coba disiasati jajaran pelatih dengan melakukan seleksi sekitar tiga bulan menjelang Porprov.
“Merekrut atlet yang sudah jadi bukan pilihan, dan kalaupun kami harus melakukannya maka itu adalah pilihan terakhir. Intinya kami ingin mendapatkan atlet Panahan Karangasem dari anak-anak asli binaan kami dulu, itulah sebabnya akan ada seleksi ketat,” ujar Susila menambahkan.
Dengan reputasi Cabang Panahan Karangasem yang cukup bagus disetiap Porprov Bali, maka tanggungjawab moral para pelatih dan atlet sangat besar. Nama baik Pengcab dipertaruhkan, selain harga diri atlet itu sendiri sebagai seorang olahragawan yang harus selalu siap, berprestasi, dan menjaga profesionalisme.

——————————————————-
Sabtu, 6 Juni 2015
Jurnalis       : Miechell Koagouw
Fotografer : Miechell Koagouw
Editor         : ME. Bijo Dirajo
——————————————————-
Lihat juga...