Jelang Ramadan, Harga Bahan Makanan di Balikpapan Fluktuatif

Pasar Tradisional di Balikpapan
CENDANANEWS (Balikpapan) – Jelang Ramadan, sejumlah bahan makanan dibalikpapan fluktuatif. Dari beberapa bahan makanan menunjukkan trend kenaikan belum lama ini berangsur turun namun beberapa diantaranya malah mengalami sebaliknya. 
Bawang merah misalnya, hari ini turun ke level Rp40 ribu dari sebelumnya Rp45 ribu per Kg. Bahan lainnya yakni cabe, melorot ke level Rp40 ribu dari sebelumnya Rp45 ribu per Kg. “Alhamdulillah turun. Mudah-mudahan begini terus sampai Ramadan,” sebut Yatmi pedagang sayuran di Pasar Klandasan Balikpapan, Selasa (9/6/2015).
Hal yang sama juga diungkapkan Wati, pedagang sayuran Pasar Pandansari. “Sudah turun. Cabe Rp35 ribu per Kg kalau bawang merah Rp30 ribu per Kg,” jabarnya.
Harga Sawi daging yang beberapa hari lalu naik, saat ini sudah berangsur turun dan sawi biasa yang ikut turun masing-masing ke level Rp15 ribu per ikat dan Rp5 ribu per ikat. Dari masing-masing secara berurutan Rp20 ribu dan Rp10 ribu.
Sebaliknya, ayam potong dan telur ayam justru menunjukkan tren naik. Harga ayam potong dijual pedagang Rp35 ribu sedangkan telur ayam ukuran kecil Rp1.500 per butir. “Ramadan nanti kabarnya telur ayam yang sekarang Rp1.500 per butir jadi Rp1.600 per butir,” ungkap Andi.
Tidak terkecuali untuk ayam potong, menurut pedagang harga akan cenderung meningkat menjelang Ramadan seiring pasokan yang langka. “Biasa dapat 500 ekor per hari sekarang hanya separuhnya,” ujar Haji Asma pedagang setempat.
Sementara itu di Pasar Pandansari Balikpapan ayam potong ukuran kecil dijual Rp28 ribu per ekor.
Hingga kemarin, harga ikan terpantau tetap tinggi. Mengingat cuaca memasuki angin selatan dan nelayan enggan untuk melaut. Harga Ikan gembung yang biasa dijual Rp25 ribu per Kg kini menyentuh Rp50 ribu. Sedangkan kemarin, ikan layang dibandrol Rp35 ribu per Kg. “Mahal tapi laku keras seperti ikan gembung kemarin karena ikannya jarang ada,” sahut Tani, pedagang ikan Pasar Klandasan Balikpapan. 
——————————————————-
Selasa, 9 Juni 2015
Jurnalis       : Ferry cahyanti
Fotografer : Ferry cahyanti
Editor         : ME. Bijo Dirajo
——————————————————-
Lihat juga...