Jelang Ramadan, Tempat Pemakaman Umum Padat Peziarah

Pedagang bunga di Tempat Pemakaman Umum -TPU di kilometer 0,5 jalan Soekarno Hatta Balikpapan
BALIKPAPAN – Datangnya bulan suci Ramadan 1436 Hijriah tinggal menghitung hari, Tempat Pemakaman Umum (TPU) ramai dikunjungi peziarah. Salah satunya TPU Muslim di Jalan Soekarno-Hatta Km 0.5 Kelurahan Muara Rapak, Balikpapan Utara.
“Ziarah ke kubur sudah menjadi tradisi keluarga kami. Biasanya sebelum puasa saya datang untuk membersihkan makam dan mendoakan para keluraga yang telah  meninggal dunia,” kata Emy salah seorang warga Balikpapan yang melakukan ziarah di TPU Muara Rapak Balikpapan.
Menurutnya, datang ke makam tidak hanya sebelum Ramadan Namun sebelum lebaran datang juga berkunjung ke makam.
Ramainya peziarah ke makam jelang Ramadan ini pastinya juga berimbas kepada pedagang bunga yang biasa mangkal di sekitar lokasi.
Salah satu pedagang bunga bernama Della yang berada di depan makam mengatakan saat ini sudah mulai ramai peziarah.  “Sekarang sudah ramai peziarah, biasanya 3 hari menjelang puasa dan puncaknya sehari sebelum puasa,” ungkapnya, Selasa (16/6/2015).
Della mengatakan biasanya kalo ramai peziarah sampai jalanan macet dan ini sudah menjadi tradisi. Dirinya mengaku sudah berjualan bunga didepan makam bertahun-tahun.
“Bunga yang dijual seperti biasa ada mawar dan kenanga. Biasanya perbungkus dijual Rp4.000. Masing-masing peziarah bisa beli dua sampai 3 bungkus,” imbunya.
——————————————————-
Selasa, 16 Juni 2015
Jurnalis       : Ferry cahyanti
Fotografer : Ferry cahyanti
Editor         : ME. Bijo Dirajo
——————————————————-
Lihat juga...