Kabupaten Kepulauan Mentawai Kembangkan 43 Spot Memancing

Surfing dibawah ombak kepulauan Mentawai
CENDANANEWS (Mentawai) – Daerah Mentawai sudah terkenal memiliki keindahan alam dan pariwisatanya. Namun Kabupaten yang berbentuk kepuluan tersebut, lebih banyak dikembangkan oleh investor luar tanpa pemasukan kepada kawasan yang memiliki ombak cantik itu.
Selain wisata bahari, Mentawai juga memiliki titik-titik memancing yang patut dicoba. Kepala Dinas Pariwisata, Pemuda dan Olahraga  Kabupaten Mentawai Destinora, menyatakan ada 43 lebih spot memancing andalan Kabupatennya.
“Untuk saat ini, potensi memancing dalam tahap pengembangan dan promosi kita. ” ujar Destinora yang dihubungi cendananews pada Rabu (3/6/2015) pagi.
Menurutnya, titik-titik memancing  yang dikembangkan Pemkab (Pemerintah Kabupaten)  tersebut cukup potensial untuk mendukung pengembangan wisata menyelam dan selancar di Kepulauan Mentawai. Dalam upaya pengenalan lokasi memancing itu, pihaknya dalam waktu dekat ini akan menyelenggarakan ivent memancing skala internasional.
“Sudah kita komunikasikan pada kabupaten dan kota yang berada di daerah kawasan pesisir pantai Sumbar, seperti Pesisir Selatan, Padang dan Pariaman untuk pelaksanaan event berskala internasional tersebut. Kita butuh dukungan, baik secara moril, materil dan sumbangan idenya,” lanjut Destinora.
Dengan adanya sinergitas dan sokongan lintas daerah di kawasan pesisir barat Sumbar, pembangunan serta pengembangan obyek wisata tersebut bisa dijadikan ikon pariwisata tersendiri. Hal ini juga akan  mendukung promosi lokasi penyelaman dan berselancar  lainnya.
“Dengan adanya ivent internasional ini, bisa mempromosikan keragaman obyek-obyek wisata bahari. Kami berharap mendapatkan dukungan penuh dari pemerintah provinsi dan lembaga dan kementerian terkait lainnya,” Jelas Desti.
Untuk permasalahan transportasi, dengan tujuan Padang-Mentawai. Beberapa rute sudah memiliki kapal cepat, baik itu yang komersil atau yang disediakan oleh agen perjalanan. Destinora menjelaskan, hal ini bisa memudahkan masyarakat yang ingin berwisata bahari ke Mentawai. Tidak lagi harus enam sampai tujuh jam. Sekarang sudah bisa dengan jarak tempuh empat hingga tiga jam waktu tempuh.
——————————————————-
Rabu, 3 Juni 2015
Jurnalis       : Muslim Abdul Rahmad
Fotografer : mentawaikab.go.id/
Editor         : ME. Bijo Dirajo
——————————————————-
Lihat juga...