Kota Ambon Targetkan 25.000 Kunjungan Wisatawan di 2015

Balaikota Ambon
CENDANANEWS (Ambon) – Kepala Dinas Pariwisata dan Kebudayaan (kadisparbud) Kota Ambon, Henry Sopacua menargetkan sebanyak 25.000 wisatawan nusantara dan mancanegara akan datang berkunjung pada 2015 ini.
Menurut Sopacua, target ini sesuai dengan program Mangente (datang dan kunjungi) Ambon pada 2015. Mangente Ambon merupakan gerakan moral pemerintah dan masyarakat Kota Ambon untuk mengumpulkan seluruh potensi masyarakat di dalam maupun di luar Ambon (Maluku) untuk memberikan dukungan bagi pembangunan kota ini.
“Gerakan ini juga bertujuan mengembalikan citra Ambon Manise sebagai kota wisata yang aman, nyaman, indah dan harmonis,” kata Sopacua di Ambon, Rabu (3/6/2015).
Hingga Mei 2015 sekitar 6.000 wisatawan baik nusantara dan mancanegara sudah datang. Jumlah tersebut akan terus bertambah, mengingat berbagai kegiatan akan digelar hingga Desember 2015.
Aneka kegiatan yang telah digelar yakni Rakernas Asosiasi Pemerintah Kota seluruh Indonesia (Apeksi), Indonesia City Expo, pagelaran seni budaya nusantara dan karnaval budaya yang dilakukan pada Mei 2015.
Dikatakan, kunjungan wisatawan di Kota Ambon beberapa tahun terakhir meningkat.
Dirincikan, pada 2011 sebanyak 4.505 orang dan pada 2012 meningkat menjadi 6319 orang.
“Sementara pada 2013 mengalami sedikit penurunan, namun tahun 2014 mengalami peningkatan hingga mencapai 7.000 orang. Harapan kami jumlah ini akan mengalami peningkatan signifikan pada 2015,” katanya.
Kota Ambon, merupakan pintu masuk berbagai program pemerintah pusat di berbagai bidang khususnya pariwisata dan perikanan.
“karena mangente Ambon juga diharapkan dapat menjadi sarana pemulihan kondisi Ambon untuk kembali mendapat kepercayaan secara nasional dan internasional,” kata Sopacua.
Sejumlah kegiatan menyangkut Mangente Ambon sudah dimulai sejak Januari, yakni pesta rakyat Kunci Januari, dilanjutkan dengan kegiatan tahunan Anzac Day, pesta budaya timba laor, peringatan hari pahlawan nasional Pattimura, Darwin Ambon Yacht Race (DAYR), dan perayaan HUT Kota Ambon.
Direncanakan, ada juga pertunjukan musik dan budaya, konser musik 20 tahun berkarir musisi Glenn Fredly, dan Pesta Paduan Suara Gerejawi (Pesparawi) tingkat Nasional pada Oktober 2015.
Ditambahkan, selain itu, karnaval budaya multi etnik, turnamen renang bebas Teluk Ambon, festival pukul sapu, perahu manggurebe, kuliner khas Ambon, gerak jalan Ambon, serta pagelaran musik sound of pacific.
——————————————————-
Rabu, 3 Juni 2015
Jurnalis       : Samad Vanath Sallatalohy
Editor         : ME. Bijo Dirajo
——————————————————-
Lihat juga...