Kota Kalianda Percantik Trotoar Sepanjang Jalan Zainal Abidin

Perbaikan trotoar di Kalianda
LAMPUNG – Kota Kalianda yang merupakan ibukota Kabupaten Lampung Selatan terus berbenah. Salah satu pembenahan yang dilakukan kabupaten gerbang Pulau Sumatera tersebut diantaranya trotoar lama yang sebagian besar sudah rusak, amblas dan hancur di beberapa titik.
Berdasarkan data yang diperoleh dari situs lelang online kabupaten Lampung Selatan, trotoar tersebut dilelang dengan kode lelang 657217. Perbaikan trotoar di Jalan ZA. Pagar Alam tersebut dimulai dari pertigaan kantor DPRD Lampung Selatan hingga pasar lama. 
Sementara sumber pendanaan tersebut berasal dari anggaran tahun 2014 dengan nilai paket penggunaan anggaran senilai Rp 2.500.000.000,00.
Berdasarkan plang papan proyek tersebut tercantum nama kegiatan yakni pembangunan drainase/gorong-gorong, jenis pekerjaan perbaikan trotoar Jln Zainal Abidin Pagar Alam (pertigaan DPRD–Pasar Lama), lokasi Kecamatan Kalianda, waktu pelaksanaan 150 hari kelender, sumber dana APBD 2015 dan Pelaksana oleh PT Queen Natasya Mandiri dan diselengarakan oleh Dinas Pekerjaan Umum Lampung Selatan.
Salah seorang warga Kalianda mengaku senang dengan adanya perbaikan trotoar yang ada di kota Kalianda sebab trotoar lama sudah memprihatinkan.
“Trotoar lama banyak yang jebol sehingga warga malas berjalan di trotoar bahkan beberapa justru membahayakan karena trotoar berlubang jebol ke saluran pembuangan air,” ujar Awaludin (34) warga di jalan Zainal Abidin Pagar Alam kepada Cendananews.com, Sabtu (6/6/2015).
Ia mengungkapkan pembangunan trotoar baru tersebut menjadikan kota Kalianda lebih rapi dan indah terutama karena trotoar dibangun dengan keramik yang dibuat motif seni. Selain itu trotoar lebih terlihat luas dibanding sebelumnya sehingga warga pejalan kaki akan lebih senang menggunakan trotoar dibanding menggunakan bahu jalan.
Adanya pembangunan trotoar baru tersebut juga menjadi koreksi bagi warga lain yang menggunakan trotoar sebagai tempat berjualan. Awaludin berharap dengan adanya trotoar yang diperbaiki tersebut ke depan tak ada lagi pedagang yang menjajakan dagangan di trotoar sehingga tak menghalangi para pejalan kaki.
“Selama ini di beberapa titik kan trotoar dipakai pedagang kaki lima, ke depan semoga tak ada lagi pedagang berjualan di trotoar,” ungkap Awaludin.
Selain trotoar Jalan Zainal Pagar Alam yang dimuali dari pertigaan kantor DPRD Lampung Selatan hingga ke pasar lama Kalianda terlihat beberapa trotoar yang dibangun sebelumnya sudah digunakan warga terutama di kompleks perkantoran Pemda Lampung Selatan.
Sementara itu kepala Dinas PU Lampung Selatan Yansen Mulia mengungkapkan pembangunan trotoar tersebut merupakan bentuk kepedulian pemerintah setempat terhadap kepentingan masyarakat. Sebab trotoar bisa digunakan warga untuk jogging, jalan kaki serta olahraga tanpa mengganggu lalu lintas di jalan protokol kota Kalianda.
“Selama ini banyak trotoar yang rusak sehingga warga enggan berjalan di trotoar padahal fungsi trotoar untuk pejalan kaki, kalau rusak ya warga malas melewatinya maka harus diperbaiki,” ungkap Yansen Mulia.
Pembangunan trotoar tersebut diharapkan sudah bisa selesai sebelum lebaran sehingga masyarakat bisa menikmati penggunaan trotoar yang ada di Kalianda tersebut.

——————————————————-
Sabtu, 6 Juni 2015
Jurnalis       : Henk Widi
Fotografer : Henk Widi
Editor         : ME. Bijo Dirajo
——————————————————-
Lihat juga...