Lampu Penerangan Tidak Memadai, Jalan Silaing Rawan Kejahatan

PADANG PANJANG – Pengguna jalan Silaing yang menjadi penghubung antara Kota Bukittinggi dengan Kabupaten Padang Pariaman dan Kota Padang, mengeluhkan lampu penerang jalan yang banyak tidak berfungsi.
Lampu penerangan yang mati itu berada di kawasan Lembah Anai, Kabupaten Padangpariaman, dan Silaing, Kota Padangpanjang, Sumatera Barat (Sumbar).
“Kalau malam hari melewati jalan ini, selain berkesan angker saya juga cemas terhadap kejahatan karena terlalu gelap,” ujar seorang Mahasiswi salah satu perguruan tinggi di Kota Padang, Finda (22) pada CND, Selasa (29/6/2015).
Finda yang berdomisili di Kota Bukittinggi, harus bolak balik tiga kali seminggu untuk penyelesaian studinya. Dan ia merasa cemas kalau melewati Silaing karena keadaan yang gelap, ia juga khawatir dengan tidak adanya lampu penerangan tersebut dapat meningkatkan risiko terjadinya kecelakaan.
Lain halnya dengan Heru (30), salah seorang pekerja di perusahaan swasta ini berharap, agar instansi dan pemerintah terkait memberikan perhatian terhadap sarana penerangan jalan yang mati itu. Sebab, salah seorang keluarganya pernah menjadi korban kejahatan di daerah Lembah anai tersebut pada sore hari. Ia menyayangakan apalagi jika tidak ada penerangan seperti saat ini, tentunya tingkat kriminalitas semakin tinggi.
“Keluarga saya pernah jadi korban kejahatan, sudah seharusnya pemerintah menyadari bahwa daerah ini adalah rawan kecelakaan dan kejahatan, untuk rawan kecelakaan sendiri sudah jelas-jelas banyak papan peringatan yang dipasang di jalan itu. Dengan kenyataan tersebut, harusnya lampu jalan yang mati harus dijadikan perhatian,” Jelas Heru.
Hal yang sama juga dikatakan oleh Joni (45), seorang sopir kendaraan umum Angkutan Kota Dalam Provinsi (AKDP) jurusan Padang-Bukittinggi. Ia berharap perbaikan dan peremajaan segera dilakukan mengingat sebelum datangnya masa angkutan lebaran.
“Kami para sopir berharap lampu jalan ini dapat diperbaiki secepatnya. Karena sebentar lagi mudik lebaran datang, dan kawasan ini selalu ramai dilewati. Kalau tidak ada lampu jalanan, bisa-bisa nanti angka kecelakaan tinggi dan kami tentu juga yang kena imbas macetnya. Lalu kalau jalanan macet, tentu banyak yang memilih angkutan pribadi dari pada kami” jelasnya.
Sebelumnya, pada kawasan Lembah Anai-Silaing, tampak sejumlah lampu jalan mati yang mengurangi penerangan daerah rawan kecelakaan itu. Secara geografis, jalan di kawasan itu berada di lereng bukti. Dimana pada satu sisi jalan berbatasan dengan tebing, sedangkan sisi jalan lainnya dibatasi oleh jurang.
Kawasan tersebut adalah jalan yang menghubungkan Kota padang-Kota Padangpanjang-Bukittinggi- Payakumbuh, dan seterusnya menuju Provinsi Riau dan Sumatera Utara.
——————————————————-
SELASA, 30 Juni 2015
Jurnalis       : Muslim Abdul Rahmad
Fotografer : Muslim Abdul Rahmad
Editor         : ME. Bijo Dirajo
——————————————————-
Lihat juga...