Layani Pembuat Takjil, Pedagang Pisang Tambah Stok

Pedagang Pisang di Pasar Besar Anyar Sari
DENPASAR – Memasuki Bulan Ramadhan, menyambut Buka Puasa hari pertama, pedagang pisang di Pasar Besar Anyar Sari menambah stok dagangannya.
Mereka tidak ingin mengalami kesulitan stok jika ada permasalahan ekspedisi yang kemungkinan terjadi selama Ramadhan sampai menjelang libur Idul Fitri dan Galungan.
Luwi, pedagang pisang yang melayani grosir dan eceran mempersiapkan stok pisang dagangannya dengan perhitungan atau kalkulasi tepat. Hal ini diperlukan agar pisang dagangannya tidak busuk jika terlalu lama disimpan.
“Khusus untuk stok Ramadhan, saya order dari petani pisang yang masih mengkal, setelah itu saya ‘ungkep’ sambil pantau perubahan tingkat kematangannya, ini untuk meminimalisir kerugian,” jelas Luwi kepada CND.
Seperti bulan-bulan Ramadhan sebelumnya, konsumen pisang terbesar Pak Luwi berasal dari para pedagang Takjil untuk buka puasa. Pisang yang biasa di cari adalah Pisang Raja, Pisang kepok, dan Pisang Ambon.
“Selain pedagang Takjil, biasanya masjid dan hotel banyak belanja, karena mereka juga membuat acara buka puasa bersama, dan pisang adalah pilihan ekonomis sebagai pencuci mulut sehabis makan besar,” sambung Luwi.
——————————————————-
SABTU, 20 Juni 2015
Jurnalis       : Miechell Koagouw
Fotografer : Miechell Koagouw
Editor         : ME. Bijo Dirajo
——————————————————-
Lihat juga...