Lonjakan Harga Buah Impor tidak Merisaukan Pedagang di Bali

Buah-buahan Lokal
DENPASAR – sudah memasuki minggu pertama awal puasa di Bali, harga buah import mulai mengalami pergolakan. Merangkak naik perlahan tanpa diketahui akan berhenti dimana harga tersebut.
Hal ini disebabkan pedagang tidak memiliki patokan harga yang jelas seperti buah-buah lokal lainnya. Buah import yang mengalami kenaikan harga adalah Apel merah, anggur, dan buah pir.
Harga buah pir import dari 15,000 rupiah naik menjadi 20,000 rupiah per kilogram, apel china import dari 25,000 rupiah naik menjadi 30,000 rupiah per kilogram. Dan yang paling parah adalah anggur impor dari 40,000 rupiah naik 50 persen menjadi 60,000 rupiah per kilogram.
Namun bukan kenaikan harga inti dari berita ini, melainkan bagaimana reaksi pedagang menyikapi kenaikan harga buah-buahan import di pasar Tabanan.
“Tidak terganggu dengan kenaikan harga buah-buahan impor. Saya kurangi saja stok saya, karena peminat buah impor biasanya belanja di super market, biarkan saja saling berbagi rejeki,” cetus Ibu Ni Luh Purnama, salah satu pedagang buah di pasar Tabanan.
Ibu Purnama mengkonsentrasikan dagangannya dengan memperbanyak stok buah-buahan lokal seperti melon, semangka, Pepaya, tomat, jeruk, salak, pisang, dan berbagai macam buah-buahan lokal lainnya. Disamping harganya yang sedang murah, hal ini dikarenakan sebagian besar pembeli lebih memilih buah-buahan lokal dibanding buah impor.
Keadaan yang cukup menggembirakan bagi kedaulatan buah-buahan lokal di Tabanan, Bali. Jika hal ini berlangsung stabil, maka bukan tidak mungkin para petani buah lokal akan semakin maju dan berkembang dengan baik di Tanah Dewata.
Harapan Ibu Purnama dan rekan-rekan sesama pedagang buah lainnya hanya sederhana, yaitu masyarakat tetap mengkonsumsi buah-buahan lokal agar sirkulasi pasokan dari petani ke pedagang sampai ditangan pembeli terjaga kelancarannya.
Buah-buahan impor

——————————————————-
KAMIS, 25 Juni 2015
Jurnalis       : Miechell Koagouw
Fotografer : Miechell Koagouw
Editor         : ME. Bijo Dirajo
——————————————————-
Lihat juga...