Mamfaatkan Perkarangan Rumah untuk Tambahan Pemasukan

Ubi Jalar bisa ditanam di perkarangan rumah

RENUNGAN SORE – Bagi sebagian orang, terutama masyarakat perkotaan dengan mobilitas kerja tinggi dan secara finansial mungkin tidak ada masalah, keberadaan pekarangan rumah mungkin dipandang hanya sekedar dijadikan taman tempat menanam tanaman hias, untuk memperindah dan mempercantik rumah semata.
Padahal pekarangan rumah sebenarnya kalau bisa dimanfaatkan dengan baik, pada dasarnya tidak hanya sekedar sebagai halaman tempar bermain bagi anak, parkir sepeda motor, memenuhinya dengan tanaman hias atau sekedar jadi tanah lapang yang dibiarkan begitu saja tanpa memanfaatkannya.
Pekarangan rumah kalau diolah dengan baik bisa memberikan nilai tambah dan mamfaat besar, terutama bagi masyarakat yang hidup diperkotaan dengan memanfaatkannya sebagai lahan tempat menanam sayuran menggunakan pot atau polibek dari pelastik.
Tanaman sayuran yang ditanam menggunakan pot atau polibek, selain bisa dipetik dan dinikmati memenuhi kebutuhan dapur, juga bisa menjadi hiasan rumah, sehingga pekarangan bisa nampak kelihatan hijau dan sejuk dipandang.
Dari sisi ekonomi dengan menanam tanaman sayuran di pekarangan rumah juga bisa mengurangi pengeluaran kebutuhan dapur dan tentunya akan lebih irit, apalagi dengan kehidupan kota yang segala sesuatunya harus dibeli dengan uang dan harga-harga kebutuhan pokok yang kerap naik di pasar.
Tanaman sayuran yang bisa ditanam di pekarangan rumah menggunakan pot atau polibek antara lain bisa berupa tomat, terung, cabai termasuk jenis tanaman sayuran lain seperti daun ubi jalar dan pepaya yang biasa menjadi sayuran dan menu makanan keluarga yang selain sehat juga menyegarkan.
——————————————————-
Minggu, 14 Juni 2015
Jurnalis       : Turmuzi
Fotografer : Turmuzi
Editor         : ME. Bijo Dirajo
——————————————————-
Lihat juga...