Masjid YAMP As Sakinah di Surabaya Mengalami Dua Kali Renovasi

SURABAYA – Masjid Yayasan AmalBakti Muslim Pancasila (YAMP) yang berada di Jalan Arif Rachman Hakim No. 107-109 Surabaya kondisinya masih lumayan baik. Di dalam masjid suasananya nyaman, luas dan bersih. 
Meskipun tempat parkirnya belum dipaving, tetapi halamannya yang luas mampu menampung kendaraan jemaah yang datang beribadah ke masjid ini.
Masjid YAMP ini diurus oleh yayasan Putra Bangsa dan kemudian diberi nama Masjid As Sakinah. Takmir masjid, Fahrul Rozi mengatakan bahwa masjid ini sejak dibangun pernah direnovasi dua kali, yakni pada tahun 2009 dan 2011.
“Renovasi dibiayai oleh sumbangan donatur, meskipun direnovasi tetapi tidak merubah bentuk arsitektur masjid,” jelasnya kepada CND pada Senin (29/6).
Masjid ini diresmikan oleh Soeharto pada 20 Desember 1997, luas bangunan masjid 25×25 meter persegi, bisa menampung sebanyak 850 orang.
Menurut takmir masjid, jika terjadi kebocoran atau kerusakan fasilitas masjid, diambilkan uang dari sedekah masyarakat yang mengisi amal jariyah. Meskipun kondisi masjid seperti ini, banyak sekali jamaah yang datang untuk beribadah di sini. 
Mungkin karena masjid berada di lingkungan kampus, maka kurang begitu diperhatikan oleh masyarakat. Tetapi, semenjak kampus UPB ditutup tahun 2008. Masjid ini tidak mendapat donatur dari kampus.
“Kami sebagai pengurus masjid berharap, ada perhatian lebih dari masyarakat maupun dari pemerintah. Karena kesejahteraan pengurus sangat kurang, parkir depan masjid belum dipaving, kamar mandi dan tempat wudhu juga butuh renovasi. Jadi membutuhkan biaya yang tidak sedikit. Kami berharap dengan adanya donatur, bisa membangun masjid ini lebih baik dan nyaman lagi.,” tutupnya.

——————————————————-
SENIN, 29 Juni 2015
Jurnalis       : Charolin Pebrianti
Fotografer : Charolin Pebrianti
Editor         : ME. Bijo Dirajo
——————————————————-
Lihat juga...