Menteri BUMN Kembali Pantau Pembanguan Jalan Tol Sumatera

Pintu Tol Sumatera
LAMPUNG – Kendala yang ditemui di lapangan terkait pembangunan Jalan Tol Sumatera (JTS) membuat Menteri negara Badan Usaha Milik Negara (BUMN) Rini M.Soemarno kembali melakukan kunjungan kerja ke Provinsi Lampung. 
Padahal bulan lalu (27/5/2015) Rini Soemarno telah melakukan kunjungan ke Lampung terkait pembangunan jalan tol Sumatera yang terus dilakukan dikerjakan.
Baca juga: Menteri BUMN Sidak Kendala Pembangunan Tol Bakauheni
“Kita disini melihat progres perkembangan jalan tol ruas Bakauheni – Terbanggi Besar untuk terus mempercepat proses pengerjaan tol sebab pembebasan lahan masih menjadi kendala sementara proses pengerjaan tol harus terus berjalan,” ungkap Rini Soemarno saat diwawancarai awak media di kantor PT ASDP Bakauheni, Senin (8/6/2015).
Ia menambahkan sampai saat ini progres pembebasan jalan tol masih terkendala diantaranya beberapa lahan warga yang tidak mau diganti rugi oleh pemerintah.
Menurutnya, Pemerintah Provinsi Lampung dapat bergerak cepat untuk melakukan konsultasi publik kepada masyarakat Desa Kecamatan dan Pemda terkait pentingnya pembangunan jalan tol ini untuk Pembangunan kedapannya.
Rini menambahkan, pekerjaan pembangunan harus berjalan secara stimultan dan tim pembanguan dapat saling dukung antar setiap elemen yang terlibat. Lanjut dia, pembangunan juga dapa dilakukan secara gate to gate (jalan masuk dan jalan keluar tol), sistem section to section akan dihapuskan agar memudahkan pembagian kerja pada tim kerja BUMN yang ditugaskan mengerjakan pembangunan.
“Sebagai target utama proses pembangunan akan difokuskan pada tiga titik percepatan yakni di bakauheni, sabah balau dan tegineneng,”ungkapnya
Rini mengungkapkan, pembangunan tol Sumatera dengan percepatan sedemikian rupa dapat dilakukan dengan tidak melanggar peraturan yang ada.
Dari pantauan, proses pengerjaan jalan di titik nol Bakauheni terus dilakukan dengan melakukan proses pengurukan di lahan milik PT ASDP Bakauheni yang berada di rawa rawa. Sementara itu lahan milik warga masih belum dilakukan penggusuran akibat belum adanya keputusan terkait pembebasan lahan diantaranya besaran ganti rugi lahan warga.
Menteri BUMN Rini Mariani Soemarnotiba di Bakauheni disambut oleh Wakil Gubernur Lampung Bachtiar Basri melihat pengerjaan lokasi jalan tol di titik nol kilometer Bakauheni, Lampung Selatan. Rombongan sempat melakukan rapat singkat di kantor PT ASDP untuk membahas progress pembangunan jalan tol ruas Bakauheni-Sidomulyo, ruas Sidomulyo- Terbanggi besar dan ruas ruas selanjutnya hingga ke Sumatera Selatan.

——————————————————-
Selasa, 9 Juni 2015
Jurnalis       : Henk Widi
Fotografer : Henk Widi
Editor         : ME. Bijo Dirajo
——————————————————-
Lihat juga...