Meski Puasa, Warga Tetap Gotong Royong Padamkan Kebakaran

Warga bergotong royong memadamkan Kebakaran BTN Kanawa Ambon, Sabtu sore 20 Juni 2015
AMBON – Warga di BTN Kanawa Desa Batu Merah Puncak, Kecamatan Sirimau Kota Ambon Provinsi Maluku, menjelang buka puasa Sabtu (20/6/2015) sekitar pukul 18.00 WIT (pukul 16.00 WIB) mendapat ujian berat.
Dimana salah satu rumah warga bernama Jef, ludes terbakar alias dilalap “Si Jago Merah”. Meski dalam kondisi puasa, warga di kawasan BTN Kanawa Kota Ambon, secara bergotong-royong berupaya memadamkan api.
Api merah dibarengi asap tebal menggumpal langit sore di BTN Kanawa. Para warga sekitar BTN pun tampak berlarian mencari titik kebakaran untuk membantu meredam amukan Si Jago Merah.
Pantauan CND, musibah kebakaran di kawasan BTN Kanawa Ambon Kebun Cengkeh yang mayoritas penduduknya muslim itu juga mendapat perhatian warga yang bertetangga dengan kompleks BTN Kanawa.
Dimana warga bertetangga dengan kompleks BTN Kanawa itu pun berlarian mencari titik kebakaran untuk berlomba-lomba mencari air guna meredam amukan Si Jago Merah.
Tampak Si Jago Merah membuat pusing, warga yang berupaya menjinakannya hanya secara manual, api tak kunjung padam.
Sekitar satu jam atau pukul 18.30 WIT (pukul 16.30 WIB) barulah petugas pemadam kebakaran dari Pemkot Ambon turun ke lapangan (Tempat Kejadian Perkara) untuk bersama warga memdamkan api yang sudah memerah mengepung rumah milik Jef.
Empat unit mobil pemadam kebakaran dari Pemkot Ambon itu berburu memdamkan api yang nyaris merembet atau memakan rumah lain di sekitar tempat kejadian perkara.
Atas bantuan warga dan empat unit mobil pemadam kebakaran dari Pemkot Ambon itu, akhirnya Si Jago Merah pun berhasil dijinakan. Warga pun lega.
Motif kebakaran itu sendiri diduga akibat hubungan arus pendek. Sang pemilik terlihat pasrah rumahnya ludes terbakar.
Kerugian akibat musibah kebakaran ini ditaksir ratusan juta rupiah. Pemilik hanya bisa mengeluarkan barang berharaga semisal surat-surat penting. Beruntung musibah naas itu tidak sampai menelan korban jiwa. Pemilik Jef tidak berdaya.

——————————————————-
MINGGU, 21 Juni 2015
Jurnalis       : Samad Vanath Sallatalohy
Fotografer : Samad Vanath Sallatalohy
Editor         : ME. Bijo Dirajo
——————————————————-
Lihat juga...