Minat Masyarakat NTB Jadi TKI Meningkat Setiap Tahun

Ribuan TKI yang hendak membuat Kartu Tenaga Kerja Luar Negeri nampak berjejalan memadati kantor LTSP Disnakertrans NTB
MATARAM – Kepala Bidang Penempatan dan Perlindungan Tenaga Kerja Disnakertrans Nusa Tenggara Barat (NTB), Muhammad Zainal mengatakan, minat dan keinginan masyarakat menjadi TKI ke luar negeri dari tahun ke tahun cukup besar dan dipastikan akan mengalami peningkatan.
“Minat masyarakat menjadi TKI, kalau dilihat dari tahun ke tahun masih tinggi dan cendrung mengalami peningkatan dan dipastikan tahun ini juga akan bertambah” kata Zainal di Mataram, Minggu (21/6/2015)
Menurut Zainal pertumbuhan penduduk yang semakin besar dengan ketersediaan lapangan pekerjaan yang terbatas, juga menjadi salah satu faktor banyaknya masyarakat NTB yang tertarik menjadi TKI ke luar negeri, dengan negara tujuan paling banyak diminati adalah Malaysia.
Dikatakannya, kalau melihat minat dan antusiasme sebagian masyarakat yang demikian besar menjadi TKI tahun lalu, bisa dipastikan tahun ini juga akan bertambah lebih besar dibandingkan tahun-tahun sebelumnya.
“Kalau tahun kemarin kita menempatkan TKI sebanyak 45 ribu, tahun ini, baru sampai bulan Juni saja, jumlah TKI yang diberangkatkan Disnakertrans mencapai 30 ribu orang dan dipastikan akan lebih besar, apalagi pasca lebaran,” katanya.
Lebih lanjut, Zainal mengatakan, dengan sisa waktu yang ada selama enam bulan ini, junlah TKI asal NTB tidak menutup kemungkinan akan bertambah lebih besar dari tahun kemarin.
——————————————————-
MINGGU, 21 Juni 2015
Jurnalis       : Turmuzi
Fotografer : Turmuzi
Editor         : ME. Bijo Dirajo
——————————————————-
Lihat juga...