Modernisasi Pengecer Dibantu Koperasi Hasilkan Pertamini

DENPASAR – Pengecer bensin pinggir jalan mulai berbenah untuk meningkatkan pelayanan. Salah satu cara adalah meninggalkan cara mengecer bensin botolan dan menggantinya dengan cara mengecer bensin menggunakan kios Pertamini.
Melihat prospek pasar yang cukup bagus, maka Koperasi Dharmayasa, di jalan Raya Kediri, Tabanan memberikan kredit lunak dengan menyediakan kios Pertamini bagi para pengecer bensin.
Pertamini dibuat sendiri oleh pihak Koperasi untuk kemudian dijual kepada pedagang bensin eceran secara tunai maupun menggunakan kredit lunak dari Koperasi Dharmayasa, Tabanan.
Ketut Landuh sebagai pengelola Koperasi Dharmayasa milik Ngurah Robert ini mengatakan sudah memulai bisnis membuat Pertamini sejak enam bulan yang lalu.
“Perkembangannya cukup menggembirakan, sambutan masyarakat juga membuat kami makin bersemangat untuk lebih mengembangkan bisnis kerakyatan seperti ini,” ungkap Ketut Landuh singkat kepada CND.
Dengan harga antara delapan juta sampai sepuluh juta maka pengecer bensin bisa memiliki kios Pertamini sesuai keinginannya secara kredit maupun tunai.
Pak Ngurah Robert pemilik Koperasi Dharmayasa juga mengekspresikan kegembiraannya dengan cara ikut melakukan pengiriman Pertamini siap pakai bersama anak-anak buahnya ke konsumen-konsumen yang melakukan pemesanan.
“Hal ini merupakan sebuah perkembangan industri kreatif berbasis ekonomi kerakyatan, bisa dibayangkan berapa perputaran uang di masyarakat jika ada ribuan kios Pertamini di wilayah Tabanan,” ucap Ngurah Robert.
Usaha ini murni tanpa adanya bantuan modal dari pemerintah atau instansi apapun. Bisnis Pertamini ibarat dari rakyat, oleh rakyat, dan untuk rakyat. Karena rakyat sejatinya adalah pemilik sekaligus pengguna seluruh kekayaan alam yang ada di tanah, air, dan udara.
——————————————————-
JUMAT, 26 Juni 2015
Jurnalis       : Miechell Koagouw
Fotografer : Miechell Koagouw
Editor         : ME. Bijo Dirajo
——————————————————-
Lihat juga...