Pastikan Stok Ramadan Aman, Pemkot Balikpapan Lakukan Sidak


CENDANANEWS (Balikpapan) — Untuk memastikan ketahanan pangan selama Ramadan, Pemerintah Kota Balikpapan melakukan inspeksi mendadak (Sidak) ke sejumlah Pasar tridisional di Balikpapan pagi ini, Minggu (14/6/2015). Sidak ini untuk mengetahui ketahanan pangan di Balikpapan dan memantau harga-harga kebutuhan pokok maupun sayur mayur di sejumlah pasar tradisional.
Dalam sidak Walikota Balikpapan – Rizal Effendi menanyakan beberapa harga bahan pokok, ikan segar, daging, dan sayur mayur di Balikpapan. “Kami ke pasar ingin tahu langsung kondisi harga kebutuhan pangan untuk masyarakat Balikpapan. Kalo kebutuhan cukup untuk kota Balikpapan tidak perlu khawatir,” kata Walikota Balikpapan Rizal Effendi di sela-sela sidak di Pasar tradisional Balikpapan.
Berdasarkan sidak Rizal mengatakan harga-harga kebutuhan pokok relatif stabil, namun harga sayur mayur dan ikan ada kenaikan. “Harga sayur yang naik sawi dan ikan segar. Kenaikan ini harga karena kondisi cuaca hujan dan angin selatan. Meskipun naik namun masih wajar,” jabarnya kepada media.
Pihaknya akan terus memantau fluktuatif harga tersebut agar harga tetap terjaga.
Dikesempatan yang sama Sekretaris Dinas Perindustrian Perdagangan dan Koperasi Kota Balikpapan Malik Efendi mengungkapkan kebutuhan beras untuk kota Balikpapan aman hingga lima bulan ke depan. “Stok beras aman. Satu bulannya kebutuhan beras sebanyak 1.200 ton perbulan. Beras dipasok dari Sulawesi dan Jawa,” sebutnya.
Sementara kebutuhan daging sudah tersedia 1.500 ekor siap potong untuk satu bulan. Sedangkan kebutuhan daging ayam untuk kota Balikpapan dalam perharinya bisa mencapai 30 ribu ekor. “Stok daging sapi maupun ayam aman. Meskipun harga ada kenaikan pada daging ayam,” timpal Kepala Dinas Pertanian Kelautan dan Perikanan Kota Balikpapan Yosmianto. (Ferry)
Lihat juga...