Pemkot Balikpapan Pastikan Stok Beras Selama Ramadan Aman

Pedagang beras dan bahan pokok lainnya
BALIKPAPAN – Stok beras untuk kota Balikpapan selama bulan Ramadan dipastikan aman, mengingat distributor sudah menyediakan persediaan beras lebih dari 5 bulan meskipun permintaan akan meningkat. 
“Saat bulan Ramadan persediaan beras aman, bahkan distributor sudah menyediakan persediaannya hingga lima bulan ke depan,” ungkap Kepala Dinas Perindustrian Perdagangan dan Koperasi (Disperindagkop) Balikpapan Doortje Marpaung. 
Doortje menerangkan para distributor beras di Balikpapan memiliki stok beras yang cukup untuk Lima bulan mendatang. Sedangkan stok bahan pokok lainnya rata-rata untuk sebulan dan tiga bulan mendatang. Dan distributor juga menjamin rantai distribusi lancar selama bulan Ramadan. 
“Para distributor tentunya memperhitungkan persediaannya mengingat kota Balikpapan 95 persen masih bergantung pada daerah lainnya karena Balikpapan bukan sebagai daerah produksi,” kata Doortje, Rabu (10/6/2015).
Lanjut Doortje, para distributor juga menjamin tidak ada lonjakan harga yang ekstrim lantaran permainan harga yang disengaja. Kenaikan harga akan terjadi hanya karena penyesuaian harga pasar. 
Menurut Doortje saat bulan Ramadan pola konsumsi masyarakat biasanya berlebihan sehingga permintaan juga meningkat. Untuk itu, masyarakat menjaga pola konsumsi agar tidak berlebih. 
Yang perlu diantisipasi saat ini curah hujan selama beberapa bulan ke depan cukup tinggi. “Informasi dari BMKG curah hujan beberapa bulan ke depan cukup tinggi, dan gelombang laut Jawa capai 1-2 meter. Ini juga yang diperhitungkan oleh distributor untuk lebih dulu menyediakan stok,” ujarnya.
Untuk itu, Doortje meminta kepada para petani di Balikpapan untuk lebih gencar menanam sayur-mayur untuk mengantisipasi adanya hambatan logistik bahan pokok karena gelombang laut dan cuaca buruk. 
” Tidak semua jenis sayuran bisa ditanam di tanah Balikpapan, petani diminta untuk menanam lebih banyak apa pun jenis sayuran yang bisa ditanami di sini. Bawang merah saja kita banyak dipasok dari Penajam Paser Utara,” imbuhnya. 
——————————————————-
Rabu, 10 Juni 2015
Jurnalis       : Ferry cahyanti
Fotografer : Ferry cahyanti
Editor         : ME. Bijo Dirajo
——————————————————-
Lihat juga...