Pemkot Pastikan Balikpapan Aman dari Beras Plastik

BALIKPAPAN – Pemerintah Kota Balikpapan melalui Dinas Perindustrian Perdagangan dan Koperasi (Disperindagkop) pastikan beras yang dijual oleh pelaku usaha didaerah tersebut aman dari beras plastik.  
“Jaminan aman ini setelah kami melakukan inspeksi kepada beberapa pelaku usaha, pedagang dan distributor beras di Balikpapan bahwa tidak ditemukan adanya beras plastik,” jelas Kasi Perlindungan Konsumen Disperindagkop Balikpapan Sila Susiana saat ditemui diruang kerjanya, Jumat (5/6/2015).
Kasi Perlindungan Konsumen Disperindagkop Balikpapan
Sila Susiana
Sila menerangkan inspeksi mendadak (Sidak) dilakukan di beberapa pasar tradisional diantaranya pasar klandasan, Pandansari, Sepinggan dan beberapa supermarket serta distributor beras pada bulan Mei lalu. Dari sidak tersebut tidak ditemukan beras plastik atausintetis pada beras yang dijual pelaku usaha. 
“Tidak ditemukan beras plastik dari hasil kami sidak. Beras yang kami periksa dari harga beras murah hingga kualitas bagus atau yang harganya mahal,” ungkapnya.
Upaya agar beras plastik tidak beredar di Balikpapan tidak hanya berhenti pada sidak yang dilakukannya. Disperindagkop Balikpapan juga mengeluarkan surat himbauan kepada para pelaku usaha dan lapisan masyarakat. 
“Kami juga keluarkan surat himbauan agar pelaku usaha khususnya beras untuk lebih selektif dalam melakukan perdagangan beras. Masyarakat juga diminta lebih hati hati dalam membeli beras, dan jika masyarakat menemukan beras plastik untuk segera melapor ke penegak hukum,” papar wanita berjilbab ini.
Dia mengatakan surat himbauan ini diberikan kepada distributor atau pelaku usaha kebutuhan bahan pokok pangan dan strategis, pengurus pasar se kota Balikpapan dan camat untuk mensosialisasikan ke masyarakat.
“Harapannya dengan upaya yang dilakukan itu, tidak ada beras plastik beredar di Balikpapan. Apabila ada segera laporkan kami akan menindaklanjutinya,” ujarnya. 
——————————————————-
Jumat, 5 Juni 2015
Jurnalis       : Ferry cahyanti
Fotografer : Ferry cahyanti
Editor         : ME. Bijo Dirajo
——————————————————-
Lihat juga...