Pemprov Jawa Timur Kembali Adakan Mudik Lebaran Gratis

Salah satu stasiun di Surabaya
SURABAYA – Mudik sudah menjadi salah satu tradisi masyarakat Indonesia setiap tahunnya. Hal tersebut menjadikan pemerintah mengeluarkan kebijakan untuk mengadakan mudik gratis. Tak terkecuali dengan pemerintah provinsi Jawa Timur. Mudik gratis yang diadakan ada tiga macam, yaitu bus, kereta api, dan kapal laut jalur khusus.
Ketua Pelaksana Panitia Penyelenggara Angkutan Lebaran Terpadu 2015 Sumarsono mengungkapkan layanan mudik dan balik gratis ini dikoordinir oleh Dinas Perhubungan dan Lalu Lintas Angkutan Jalan (Dishub dan LLAJ) Provinsi Jatim.
Sebanyak 611 bus telah dipersiapkan, dengan rincian 410 bus dari Pemprov dan sisanya bekerja sama dengan pihak lain. Sedangkan untuk kapal laut jalur khusus, ada beberapa rute yang akan dilalui, seperti Surabaya-Masalembu, Kalianget-Kangean, hingga Banyuwangi-Sapeken.
“Dishub dan LLAJ Jatim akan menyiapkan tiga buah kapal dengan total melayani 12 trip dengan mengangkut sebanyak 2400 penumpang. Untuk pendaftaran mudik melalui kapal laut dimulai 22 Juni hingga 16 Juli mendatang dilaksanakan di Kantor Dishub dan LLAJ Jatim Jalan A. Yani 258 dan Jalan Jemur Andayani No. 1 Surabaya dan Kantor Kesyahbandaran Otoritas Pelabuhan dan Kantor Unit Penyelenggara Pelabuhan setempat”. Jelas Sumarsono di Surabaya, Kamis (25/6/2015).
Tanggal 11-16 Juli mendatang pemberangkatan mudik gratis melalui moda transportasi laut digelar. Persyaratan mengikuti mudik gratis ini masyarakat cukup menyerahkan fotocopy KTP dan KK yang masih berlaku. Untuk jasa penggunaan kereta api pendaftaran bisa dilakukan di stasiun terdekat dan tiket bisa dibawa.
Selain itu terdapat program pengangkutan sepeda motor gratis oleh Dishub dan LLAJ Jatim. Lebaran tahun ini sebanyak 400 unit yang akan diberangkatkan milik pemudik. Sehari menjelang lebaran, baru diberangkatkan kendaraan roda dua ini.
“Pendaftaran mudik motor ini dilaksanakan pada 27 Juni hingga tiket habis di Kantor Dishub LLAJ Jatim, dengan persyaratan menyerahkan fotocopy KTP dan STNK”. Ujarnya.
——————————————————-
KAMIS, 25 Juni 2015
Jurnalis       : Charolin Pebrianti
Fotografer : Charolin Pebrianti
Editor         : ME. Bijo Dirajo
——————————————————-
Lihat juga...