Pentingnya Penggunaan Fasilitas JPO Bagi Penyeberang Jalan

Jembatan Penyeberangan Orang
MALANG – Kesadaran warga Malang akan keselamatan jiwa mereka nampaknya cukup tinggi, hal ini dapat terlihat dari banyaknya warga Malang yang menggunakan Fasilitas Jembatan Penyeberangan Orang (JPO) yang berada di dekat Alun-alun Malang untuk menyeberang. Terpantau beberapa orang naik turun tangga JPO untuk menyeberang.
Sebagian warga Malang ini nampaknya sadar akan bahaya yang dapat menimpa mereka jika mereka nekat menyeberang di jalan yang padat kendaraan tanpa melalui JPO. Hal ini seperti yang disampaikan Herudi.
“Meskipun lebih jauh dan harus naik turun tangga JPO tidak apa-apa yang penting bisa menyeberang dengan selamat, toh jembatan ini memang di khususkan untuk pejalan kaki yang ingin menyeberang”, jelasnya.
Berbeda dengan Herudin, tidak jauh dari JPO terlihat beberapa orang sambil mengangkat tangan dan sedikit berlari mencoba untuk menyeberangi jalan melalui zebra cross yang catnya mulai memudar. Meskipun kendaraan yang melintas cukup padat, orang-orang ini tetap nekat menyeberang tanpa memperdulikan keselamatan diri mereka dan juga pengguna jalan lainnya.
Ketika ditanya mengapa mereka tidak menggunakan JPO untuk menyeberang, beberapa orang ini menjawab dengan jawaban klasik yaitu “terlalu lama dan juga capek kalau harus naik turun tangga JPO”ujarnya, sambil terus berlalu tanpa mau menyebutkan namanya.
Diharapkan kesadaran masyarakat terhadap keselamatan mereka pribadi dan juga pengguna jalan yang lain yaitu salah satau caranya dengan menggunakan fasilitas JPO ketika menyeberang.

——————————————————-
SABTU, 20 Juni 2015
Jurnalis       : Agus Nurchaliq
Fotografer : Agus Nurchaliq
Editor         : ME. Bijo Dirajo
——————————————————-
Lihat juga...