Persiapan Hadapi Arus Mudik Jalan Lintas Sumatera Diperlebar

Pelebaran di ruas Jalan Lintas Sumatera Lampung
CENDANANEWS (Lampung) – Sejumlah infrastruktur jalan mulai diperlebar di wilayah Lampung untuk menghadapi arus mudik tahun 2015. Bahkan dari pantauan Cendananews.com, di sepanjang jalan di Provinsi Lampung terutama jalanan menuju Bandarlampung dari Pelabuhan Bakauheni menuju ibukota provinsi semakin diperlebar di beberapa titik.
Menurut salah satu pekerja dari PT Hutama Karya, Somiran (45) yang menjadi salah satu kontraktor pengerjaan pelebaran jalan tersebut menyebutkan, pelebaran dimaksudkan untuk menambah lajur di ruas jalan nasional tersebut.
“Jalan lintas Sumatera di beberapa titik sebelumnya hanya bisa dilalui satu kendaraan kini diperlebar sehingga bisa dilalui dua kendaraan,” ungkap Somiran yang ditemui dilokasi pengerjaan jalan, Jumat (5/6/2015).
Ia menambahkan pelebaran jalan sepanjang beberapa ratus meter tersebut dilakukan di ruas Jalan Lintas Sumatera Desa Sukabaru Kecamatan Penengahan Lampung Selatan. Pelebaran jalan dilakukan sekitar dua meter dari lebar sebelumnya di ruas kiri dan kanan jalan sesuai dengan kondisi jalan dan keperluan.
Disebutkan, meskipun arus mudik lebaran masih lama, namun proses pelebaran jalan tersebut diharapkan dapat akan memperlancar arus lalulintas dari arah Bandarlampung dan kota kota lainnya menuju Pelabuhan Bakauheni dan sebaliknya.
Dikatakannya saat ini proses pelebaran jalan masih dilakukan di titik tertentu  yang menjadi fasilitas untuk pemudik dari berbagai daerah khususnya dari Jawa menuju Sumatera dan sebaliknya. Selain pelebaran jalan beberapa ruas jalan berlubang pun akan dilakukan penambalan dan penghalusan.
“Kita hanya pelaksana di lapangan untuk proses pengerjaan, sementara untuk panjang, lebar keseluruhan jalan di Lampung menjadi kewenangan Bina Marga,” ungkap Somiran.
Dari pantauan Cendananews.com alat berat dikerahkan untuk melakukan pelebaran jalan sementara akibat proses pelebaran jalan tersebut dilakukan sistem buka tutup saat kendaraan kendaraan proyek melakukan pengiriman material batu serta koral untuk menimbun.
Sementara itu, Kepala Satuan lalu lintas Polres Lampung Selatan AKP Mubiarto, saat dikonfirmasi mengungkapkan, pihaknya telah melakukan pemetaan jalur mudik. Pemetaan tersebut dimaksudkan untuk memberikan rambu rambu lalu lintas terutama di jalur jalur rawan.
“Kita sudah memasang beberapa rambu rambu peringatan di beberapa ruas diantaranya tikungan, turunan serta beberapa titik, menjelang arus mudik akan semakin diperbanyak,” ungkap Mubiarto.
Pihaknya juga mengaku sudah berkoordinasi dengan beberapa instansi diantaranya Dinas Perhubungan untuk mengganti lampu jalan yang rusak di beberapa titik Jalan Lintas Sumatera.
“Arus mudik merupakan kegiatan tahunan yang sangat vital sehingga perlu dikoordinasikan dengan berbagai pihak, termasuk infrastruktur jalan. Makanya kita tetap berkoordinasi dengan instansi terkait,” ujar Mubiarto.
Perbaikan jalan dan jembatan di ruas Jalan Lintas Pantai Timur Sumatera juga menurut Mubiarto dipastikan akan selesai sebelum awal puasa. Sementara untuk perbaikan jalan jalan di Jalinsum diharapkan akan selesai H-10 sebelum lebaran.

——————————————————-
Jumat, 5 Juni 2015
Jurnalis       : Henk Widi
Fotografer : Henk Widi
Editor         : ME. Bijo Dirajo
——————————————————-
Lihat juga...