Pertamina akan Kembangkan Produksi Kilang Balikpapan

Kilang Pertamina Balikpapan

BALIKPAPAN – PT Pertamina (Persero) melakukan Pengembangan kapasitas pengelolaan minyak di Kilang Balikpapan. Pengembangan tersebut ditargetkan dapat memproduksi dari 260 ribu barel per hari menjadi 360 ribu barel per hari.
GM RU V Pertamina Eman Salman Arief menerangkan pengembangan itu kini tengah disiapkan oleh Pertamina termasuk penambahan peralatan dan fasilitas di kilang Balikpapan dalam jangka waktu enam tahun ke depan. 
“Sekarang masih dalam tahap persiapan termasuk penambahan fasilitas Kilang Balikpapan,” katanya, Senin (29/6/2015).
Salman belum dapat memastikan dana yang diperlukan untuk peningkatan kapasitas kilang Balikpapan. Karena kajian tengah dilakukan dan kajian tersebut dibutuhkan waktu sekitar enam tahun. 
“Masih dikaji dan dihitung. Saat ini kilang kita yang terbesar kedua setelah Cilacap,” sambungnya.
Pihaknya menyebutkan, Kilang Balikpapan merupakan kilang pengolahan minyak mentah. Sebanyak 45 persen minyak mentah berasal dari luar negeri dan 55 persen dari domestik.
“Kita melayani untuk Indonesia bagian timur,” tambahnya.
Jika pengembangan kilang ini teralisasi, diperkirakan pengolahan minyak mentah akan berbanding sama antara minyak mentah yang impor maupun yang domestik.
“Harapannya harapkan 2021 sudah operasional dengan kapasitas 360 ribu barel per hari. Sekarang ini masih 260 ribu barel per hari,” harapnya. 
——————————————————-
SENIN, 29 Juni 2015
Jurnalis       : Ferry Cahyanti
Fotografer : Ferry Cahyanti
Editor         : ME. Bijo Dirajo
——————————————————-
Lihat juga...