Pertengahan Ramadhan, Warga Perantau di Papua Berangsur Mudik

KM Dorolonda di perairan kota Jayapura
JAYAPURA – Tidak seperti di daerah lainnya, khusus di Kota Jayapura, Papua. Sebagian besar warga berangsur-angsur mudik keluar ibu kota provinsi hingga ke  pulau Jawa, menggunakan kapal laut. Membuat grafik penjualan tiket habis  terjual jelang 20 hari Idul Fitri 1436 Hijriah.
Dari data yang diterima media ini dari PT.Pelni Jayapura, penjualan tiket tuk  Kapal Motor (KM) Dorolonda tujuan Jayapura, Manokwari, Sorong, Balikpapan,  Pantoloan, Toli-toli, Bitung, Ternate dan Surabaya, habis terjual.
Salah satu calon penumpang, Tonny, mengaku dirinya susah mendapatkan tiket  tujuan Bau-bau, Sulawesi Tenggara, karena telah habis terjual. 
“Saya mau beli loket penjualan, tapi sudah habis. Jadi saya cari alternatif  lain untuk berlebaran di kampung saya. Terpaksa saya membeli tiket pesawat  diatas tanggal 15 juli,” kata Tonny, Sabtu (27/06/2015).
Kehabisan tiket yang laku terjual ini diakui Manager Usaha PT.Pelni Jayapura,  Ibrahim. Dirinya mengaku bukan hanya KM Dorolonda yang kehabisan tiket.  Melainkan, KM Gunung Dempo, KM Ngapulu, KM Ciremai dan KM Labobar.
“Seluruh tiket untuk enam kapal yang tersedia, jelang hari raya telah habis  terjual. Antisipasi yang kami lakukan, yaitu akan membuka penjualan tiket Non  Sheat agar penumpang yang akan ke luar Papua dapat berangkat,” kata Ibrahim.
Namun, menurut Ibrahim, pihaknya telah melakukan kordinasi kepada pusat dan  hingga kini masih menunggu persetujuan dari kantor pusat. 
“Kami masih menunggu persetujuan dari kantor pusat,” ujarnya.
——————————————————-
SABTU, 27 Juni 2015
Jurnalis       : Indrayadi Thamrin Hatta?
Fotografer : Indrayadi Thamrin Hatta?
Editor         : ME. Bijo Dirajo
——————————————————-
Lihat juga...