Pesona dan Keindahan Danau ‘Cermin’ Manggar di Balikpapan

Danau ‘cermin’ Manggar Balikpapan
CENDANANEWS (Balikpapan) – Sebuah danau di Kelurahan Manggar Balikpapan Timur mencuri perhatian para pelancong yang datang. Dengan keindahan dan pesonanya para pengunjung yang datang langsung mengupdatenya ke jejaring sosial seperti facebook, twitter, dan Path riuh dengan tagar Danau Cermin. 
Foto-foto selfie dan groupie dengan latar danau, wara-wiri menghiasi layar ponsel ketika notifikasi pembaruan status muncul. Ini objek wisata yang sedang hits di kalangan pelancong Balikpapan.
Warga di jejaring sosial menyebutnya dengan Danau Cermin. Istilah yang mereka ciptakan merujuk air jernih di danau ini. Jika siang langit dalam keadaan cerah, lukisan awan tergambar jelas di permukaan air. Kumpulan awan putih berarak dan biru langit nampak harmoni dengan paduan warna hijau yang timbul dari dasar. Semuanya nampak alami.
Kejernihan danau ini yang menjadikan warga setempat memanfaatkannya untuk kebutuhan harian. Pada siang hingga sore hari, akan terlihat warga bergantian menyedot air dengan pompa.
Danau ini dikelilingi pepohonan nan rimbun. Ada dua buah menara tak jauh dari tepian. Dari atas menara setinggi kurang lebih empat meter ini, kita bisa menyaksikan sekeliling danau. Jika ingin mencobanya, kita harus memanjat. Butuh keberanian dan keterampilan untuk sampai di atas menara.
Danau di Kelurahan Manggar Kecamatan Balikpapan Timur berada tak jauh dari permukiman warga. Hanya beberapa meter dari sebuah pondok pesantren. Untuk menjangkau lokasi cukup mudah. Akses jalan menuju tempat ini cukup bagus.
Perjalanan dari pusat Kota Balikpapan hanya memakan waktu tak lebih satu jam dengan kendaraan pribadi. Jika menggunakan angkutan kota, pilih angkot nomor 7 dan berhenti di jalan masuk Pondok Pesantren, warga setempat dengan senang hati akan menunjukkan lokasi.
Kebun sayuran di kiri kanan jalan menyambut pengunjung ke Danau Manggar. Tak butuh waktu lama dari jalan Mulawarman untuk sampai di tujuan. Danau ini berada persis di belakang pondok pesantren dan sisi jalan utama.
Ada beberapa versi terbentuknya danau Manggar. Ada yang menyebut dari mata air. Namun versi lain mengatakan danau ini terjadi karena aktivitas pembukaan lahan untuk perumahan. Hal ini bisa dilihat aktivitas yang masih terjadi tak jauh dari danau.
Dari atas, terlihat danau ini mirip noktah berwarna hijau di tengah lahan terbuka yang gersang.
Danau Manggar menyediakan aktivitas menarik bagi Anda yang gemar kegiatan alam. Kamping, trekking, dan sejenisnya, sangat pas dilakukan di sini. Berbeda dengan danau lain yang bisa dipakai untuk wisata air, danau ini rasanya kurang pas untuk berenang maupun sekadar snorkeling. Ini tak lain karena danau ini menjadi tumpuan utama warga dalam memenuhi kebutuhan air bersih.
Kegiatan di sisi danau sangat menarik bisa dilalukan. Penggemar fotografi misalnya, bisa memanfaatkan lansekap yang menarik. Atau mereka yang hobi aktivitas menantang maut, bisa menjajal flying fox. Syaratnya, Anda harus membawa perlengkapan sendiri.
Salah satu pengunjung Sophie mengungkapkan pesona danau cermin sangat indah khususnya untuk pemotretan dan keperluan fotografi. “Danau cermin buat pemotretan sangat pas, karena viewnya sangat bagus,” ujarnya, Selasa (2/6/2015).
Menurutnya, danau cermin bisa dijadikan objek wisata baru namun harus ada hiburan lainnya agar pelancong lain yang datang bisa menikmati pesona alam dengan leluasa. 
“Lahan yang tidak begitu luas, bisa jadi objek wisata baru dan dikelola dengan baik agar tetap bersih,” harapnya.
Hal yang sama juga diungkapkan Yos. “Datang ke danau cermin ini untuk keperluan pemotretan yang kononnya view nya sangat bagus. Apalagi dikunjungi pada saat siang hari,” jabarnya.
Yos berharap Harapannya danau manggar yang terkenal dengan sebutan danau cermin ini harus dijaga kebersihan dan terawat. Karena danau ini menjadi daya tarik tersendiri bagi pengunjung yang datang.
——————————————————-
Selasa, 2 Juni 2015
Jurnalis       : Ferry cahyanti
Fotografer : Ferry cahyanti
Editor         : ME. Bijo Dirajo
——————————————————-
Lihat juga...