Pesona Puncak Gunung Lanang di Perbukitan Menoreh Kulon Progo

Bedah Menoreh
KULON PROGO – Potensi wisata alam di Kulon progo semakin bertambah. Di ‘tlatah’ (kawasan) Bukit menoreh ternyata banyak menyimpan pesona. Program Bedah menoreh yang di gemborkan Pemkab Kulon Progo ternyata berbuah manis. Semangat Masyarakat untuk berbuat yang terbaik bagi wilayah ini, tumbuh seirama, untuk menapak masa depan yang lebih baik.  
Wisata alam adalah salah satu sektor penyumbang ekonomi. Dimana 50 persen keberadaanya sudah disediakan oleh alam. Sebagian lagi, masyarakat yang menjadi penghuninya lah,yang harus bisa meracik, menata, memasarkan, mengawasi dan menjaga wisata alam itu, agar tetap ada dan terjaga keberadaanya secara fisik.
Berada di dusun Sibolong desa Jatimulyo Kecamatan Girimulyo Kabupaten Kulon Progo. Sebuah pemandangan eksotik di tawarkan. Wisata alam ini dulu merupakan tempat bertapanya Kyai Lanang dan Nyi Rantam Sari. Secara simbolik Wakil Bupati Sutedjo beserta Muspika Girimulyo datang (15/6/15), meresmikan dan membuka untuk umum Wisata alam ini. Di antar oleh Anom Sucondro selaku Kepala Desa Jatimulyo rombongan di ajak naik ke gardu pandang.
Wisata alam ini sangat prospek karena mudah di jangkau. Lokasi gunung Lanang ini berada di pinggir jalan Menuju Goa Kiskendo. Jalanya sudah cukup lumayan lebar,sehingga mudah menemukan lokasi ini. Sedangkan bila ingin menuju puncak nya gunung lanang,harus dengan menaiki tangga yang sudah di beri pengaman lumayan juga tingginya . Namun semua perjuangan itu akan terbayarkan bila sudah sampai di atas.
Pemandangan yang indah terbentang. Dari puncak ini bisa di lihat kota Wates,belum lagi pemandangan gunung Merapi, Merbabu yang lain. Menjadi sangat indah,saat badan gunung di selimuti kabut.
“Baru sekitar 4 bulan,penambahan beberpa titik gardu pandang ini. Dan sekarang sudah layak untuk tempat wisata” ujar Anom Sucondro. 
Sedangkan Wakil Bupati hanya senyum senyum saja, sambil menunjukan Jempol, saat menatap lama sekali, menyapu pemandangan dari gardu pandang.
“Indah, Kulon Progo memang eksotik” ujar Wakil Bupati.

——————————————————-
Selasa, 16 Juni 2015
Jurnalis       : Mohammad Natsir
Fotografer : Mohammad Natsir
Editor         : ME. Bijo Dirajo
——————————————————-
Lihat juga...