Pita Hitam di Lengan. Tiket Semifinal di Tangan.


CENDANANEWS (Opini) — Sepak Bola Indonesia sedang sekarat setelah aksi pembekuan PSSI yang dilakukan Imam Nahrowi dan diamini oleh Jokowi sebagai Presiden. Semula, alasan yang sering diutarakan adalah adanya mafia di dalam tubuh PSSI (Persatuan Sepak Bola Seluruh Indonesia), tetapi belakangan adanya anggapan bahwa Timnas Indonesia tidak memiliki prestasi hebat selama di bawah PSSI. 
Setelah FIFA (Federation Internationale de Football Association) resmi menjatuhkan sanksi, nasib semua pihak yang berhubungan dengan sepak bola tanah air, mati total. Protes dimana-mana, Nahrowi tetap “kekeuh” dengan keputusannya. Sungguh pun demikian, Timnas masih memiliki kesempatan terakhir berlaga di ajang Internasional, yaitu Sea Games 2015 yang diadakan di Singapura. 
Tentu kesempatan ini, diharapkan tidak disia-siakan oleh Tim Garuda Muda kebanggaan rakyat Indonesia, walau kecewa sempat ada, ketika di laga pertama, Timnas ditaklukkan Myanmar dengan skor akhir 2:4  (2/6/2015). 
Namun pertandingan selanjutnya, Timnas  benar-benar tak mampu dibendung oleh lawan. Kemenangan-kemenangan diraih dengan sangat cemerlang! Sabtu (6/6/2015) Timnas berhasil mengggilas kandas Tim Kamboja dengan perolehan gol yang fantastis, 6:1. 
Kemenangan berlanjut setelah berhasil menang 2:0 atas Philipina pada penyisihan grup cabang sepak bola SEA Games 2015 di Stadion Jalan Besar, Kallang, Singapura, Selasa (9/5/2015). Kemenangan itu membuka peluang Garuda Muda melangkah ke semifinal.
Dan peluang itu pun tidak disia-siakan. Kemenangan tipis 1:0 atas tim tuan rumah, Singapura membawa Timnas yang selalu menambahkan pita hitam di lengan kanan selama Sea Games  2015 berlangsung ini melaju ke semifinal menyusul Myanmar yang lebih dulu lolos. 
Pada laga semifinal yang akan dilaksanakan pada hari Sabtu (13/6/2015) Timnas U-23 akan menghadapi Tim Thailand sebagai Juara Grup B. Yang artinya, ini pertandingan “ulangan”, bedanya, jika pada Sea Games 2013 di Myanmar pada hari Minggu (22/12/2013) lalu Timnas Indonesia menghadapi Thailand pada babak final, kali ini pada babak semifinal. 
Seluruh rakyat Indonesia, khususnya pecinta sepak bola tentu berharap tim kesayangan dan kebanggaannya mampu melaju ke Final dan menjadi juara. Prestasi ini akan jadi tamparan keras bagi mereka yang menyepelekan kemampuan Timnas, sekaligus menjadi “akhir” yang indah, karena inilah laga terakhir berskala internasional yang bisa diikuti oleh Garuda Muda. 
————————————————————
Jumat, 12 Juni 2015
Penulis : Sari Puspita Ayu
Foto : Situs Resmi PSSI
————————————————————
Lihat juga...