Polda Yogyakarta akan Tempatkan Personil di Perlintasan Kereta Api

YOGYAKARTA – Kepolisian Daerah Yogyakarta bekerjasama dengan TNI/ Korem 072 Pamungkas, PT KAI serta Pemda akan melakukan penjagaan di pelintasan kareta api, terutama yang tidak memiliki palang pintu.
Hal tersebut diungkapkan Kapolda DIY Brigjen Pol Erwin Triwanto saat melalukan pengecekan jalur kereta api dari Stasiun Yogyakarta menuju stasiun Wates, Senin (29/6/2015).
Disebutkan penjagaan tersebut ditujukan agar memberikan rasa aman dan nyaman pada pengguna jasa kereta api serta menekan kecelakaan di daerah rawan. Selain itu, lalu lintas kereta api dan jalan raya sangat tinggi terutama saat puncak arus mudik.
“Kami melakukan pengecekan rel untuk membuat rasa aman dan nyaman para pemudik, meminimalkan angka kecelakaan berkereta api. Di Yogya ini lalu-lintas kereta api sangat tinggi hampir 30 menit sekali ada kereta lewat,” ujarnya di Stasiun Wates di dampingi Kapolres Kulon Progo AKBP Juliyanto dan Damdim 0731/KLP Letkol Czi, Cornelis Rompas.
Pihak kepolisian pun menaruh perhatian lebih meskipun adanya palang pintu di perlintasan kereta api merupakan tanggungjawab Pemerintah Daerah. “Kami tetap akan berusaha memberikan pengamanan sebaik mungkin di daerah-daerah yang belum dijaga perlintasan kereta apinya, meskipun sebenarnya itu tanggung jawab Pemda,” ungkapnya lagi. 
Selain itu, pihaknya juga membuat Pos Pengamanan Lebaran dalam Operasi Ketupat Progo 2015 di Stasiun Tugu Yogyakarta.
“Dalam gelaran Operasi Ketupat Progo 2015,kami telah membuat Pos Pengamanan di Stasiun Tugu,seperti tahun tahun sebelumnya,” Tambah Erwin.
Sementara itu Kepala Daop 6 Yogyakarta, Wiwik Widayanti menyampaikan bahwa pihaknya telah menjalin kerjasama dengan pihak TNI dan Polri terutama menjelang arus mudik dan balik Lebaran yang diprediksi akan terjadi tak lama lagi. 
“Kami telah menjalin kerjasama dan TNI Polri siap menyiagakan 300 personilnya di seluruh titik-titik rawan di Daop 6 Yogyakarta termasuk di stasiun-stasiun, persiapan juga telah kami lakukan semaksimal mungkin agar para penumpang semakin nyaman menggunakan moda transportasi ini,” ujar Wiwik.

——————————————————-
SENIN, 29 Juni 2015
Jurnalis       : Mohammad Natsir
Fotografer : Mohammad Natsir
Editor         : ME. Bijo Dirajo
——————————————————-
Lihat juga...