Polisi Gagalkan Peredaran 2 Kg Ganja dari Tangan Warga PNG

Ganja Kering Siap Edar saat digelar Polres Jayapura Kota
CENDANANEWS (Jayapura) – Polres Jayapura Kota berhasil menggagalkan peredaran dua kilogram Narkoba jenis daun ganja kering yang di pasok dari Negara Papua New Guinea dari tangan dua warga Vanimo.
Dari data yang dihimpun Cendana News, Penggagalan upaya penyelundupan daun ganja kering oleh dua warga asing tersebut, saat keduanya tengah berada di samping kantor Navigasi, jalan Soa Siu, Dok II Jayapura. Dua warga PNG ini atas nama JAD (24) dan MAD (34) yang berdomisili di Vanimo Green, Distric West Sepik, Papua New Guniea (PNG).
Juru bicara Polres Jayapura Kota, AKBP Mince Mayor mengatakan pihaknya tengah mendalami peran kedua warga PNG dalam peredaran ganja di Kota Jayapura. Ia menyakini salah satu pelaku berinisial MAD merupakan target operasi dalam kasus peredaran ganja di Kota Jayapura.
“Peran mereka masih kami dalami, namun satu dari kedua pelaku ini kami curigai pemain lama yang sudah menjadi target Satnarkoba Polresta,” kata Mince di Mapolres Jayapura Kota, Rabu (03/06/2015).
Hasil keterangan awal kedua pelaku, menurutnya, ganja tersebut merupakan pesanan dari seorang warga Jayapura. Ganja yang dikemas dalam 24 bungkus plastik dan siap jual itu dipasok dari Vanimo melalui jalur Distrik Waris, Kabupaten Keerom.
“Pengakuannya ganja ini didatangkan dari Vanimo yang dibawa melalui Waris. Mereka juga mengaku ganja ini titipan dari temanya di Vanimo untuk seorang warga di Jayapura, ini yang kami masih dalami,” ungkapnya.
Dikatakan Mince, penyidik sedang menyelidiki orang yang selalu disebut-sebut sebagai penerima ganja di Jayapura. “Kami masih selidiki siapa yang dimaksud menerima ganja ini di Jayapura. Apakah pria tersebut memang ada atau mereka hanya mengada-ada,” ujarnya.
Kedua warga asing asal PNG ini dikenai pasal  111 dan pasal 114 Undang-Undang Nomor 35 Tahun 2009 tentang Narkotika dengan ancaman 20 tahun penjara.  
——————————————————-
Kamis, 4 Juni 2015
Jurnalis       : Indrayadi T Hatta
Fotografer : Indrayadi T Hatta
Editor         : ME. Bijo Dirajo
——————————————————-
Lihat juga...