Polres Lampung Selatan Lakukan Pengecekan Jalur Mudik

Kapolres meninjau kesiapan dalam menyambut arus mudik
LAMPUNG – Kepolisian Resor Lampung Selatan melakukan pengecekan jalan yang akan digunakan untuk jalur mudik yang ada di wilayah hukum Polres Lampung Selatan. Hal tersebut diungkapkan oleh Kapolres Lampung Selatan AKBP Hengki saat melakukan tinjauan ke Jalan Lintas Sumatera (Jalinsum) serta Jalan Lintas Pantai Timur (Jalinpantim).
Menurut AKBP Hengki, Polres Lampung Selatan berkoordinasi dengan dinas Pekerjaan Umum (PU) Provinsi Lampung dalam melakukan persiapan operasi Ketupat 2015 diantaranya penyiapan infrastruktur jalan juga dengan pihak PT Angkutan Sungai Danau dan Penyeberangan (PT ASDP) Bakauheni termasuk kesiapan kapal.
“Kita sudah lihat di beberapa jalur Jalinsum telah dilakukan pelebaran jalan, perbaikan jembatan serta penambahan rambu rambu di jalan kabupaten, jalan provinsi dari Bakauheni menuju Bandarlampung,” ungkap mantan Kapolres Metro di Lampung Selatan, Selasa (9/6/2015).
Hengki mengungkapkan meskipun arus mudik lebaran yang oleh kepolisian menjadi operasi Ketupat Krakatau 2015 masih lama namun berbagai persiapan telah dilakukan. Selain sisi kelancaran arus mudik, Polres Lamsel juga akan menyiapkan beberaap pos pengamanan(pospam), pos pelayanan(posyan) di jalur Jalinsum.
“Tugas kita memberikan kenyamanan kepada para pengguna jalur mudik sehingga masyarakat akan merasakan kenyamana mulai dari turun kapal di Pelabuhan Bakauheni hingga ke tempat tujuan masing masing,” ungkap Hengki.
Bahkan hari ini tim dari Dinas Perhubungan Provinsi Lampung diantaranya Kabid Darat, Dirlantas Polda Lampung langsung melakukan pengecekan ke lokasi lokasi yang saat ini masih dalam kondisi perbaikan.
“Saat ini jembatan Ruguk di Lampung Selatan dan juga jembatan Natar dalam tahap penyelesaian, meski sudah selesai namun menunggu untuk penguatan sebelum bisa dilalui,” ungkap Hengki.
Kesiapan pengamanan arus mudik tersebut di Polda Lampung seperti tahun sebelumnya salah satu posko mudik utama berada di Pelabuhan Bakauheni. Posko angkutan mudik yang ada di Pelabuhan Bakauheni akan menjadi pusat pemantauan beberapa titik mudik yang terintegrasi dengan sistem satelit.
“Jadi nanti akan disiapkan pusat komunikasi di sini yang terhubung dengan beberapa CCTV di bandara Raden Intan II, Terminal Rajabasa serta titik titik arus mudik di Lampung,” ungkap Hengki.
Hengki mengungkapkan kesiapan arus mudik dikoordinasikan dengan berbagai instansi termasuk pemerintah daerah jauh jauh hari sekaligus untuk evaluasi hal hal yang akan dilengkapi dalam memberi kenyamanan para pemudik. Kesiapan tersebut diantaranya perbaikan infrastruktur serta penyiapan personil.

——————————————————-
Rabu, 10 Juni 2015
Jurnalis       : Henk Widi
Fotografer : Henk Widi
Editor         : ME. Bijo Dirajo
——————————————————-
Lihat juga...