Ratusan Hotel di Mataram Belum Miliki Sertifikat Halal

Seorang wisatawan nampak berjalan keluar dari salah satu hotel di Kota Mataram,
CENDANANEWS (Mataram) – Ketua Majlis Ulama Indonesia (MUI) Nusa Tenggara Barat (NTB), Prof. Saiful Muslim mengatakan, kebanyakan hotel yang beroprasi di Kota NTB khususnya Kota Mataram sampai saat ini belum banyak yang mengantongi sertifikat halal dan enggan mau mengurus di kantor MUI NTB.
“Kebanyakan belum mengantongi sertifikat halal, ini penting dilakukan, terutama menyangkut makanan yang disediakan bagi tamu selain bersih dan sehat juga harus halal, mengingat sekarang ini juga banyak beredar daging makanan berbahaya termasuk daging celeng,” kata Saiful di Mataram, Kamis (4/6/2015).
Karena bagaimanapun, hotel sebagai penyedia jasa penginapan, selain memikirkan mengenai keuntungan didapatkan dari para tamu yang menginap, juga harus memperhatikan dan memastikan makanan yang disediakan sehat dan halal.
Dikatakannya dari sekian ratus hotel yang beroprasi di NTB, baru sepuluh hotel yang sudah mengantongi sertifikat halal, padahal himbauan sudah dilakukan kepada pengusahan dala setiap kesempatan pertemuan maupun melalui media massa.
“Jadi saya minta kepada para pengusaha hotel yang belum mengantongi sertifikat halal untuk segera mengurusnya di kantor MUI NTB dan ketentuan tersebut bukan semata-mata atas kemauan kami melainkan memang sudah diatur dalam Undang-Undang yang mesti harus di taati dan dilaksanakan para pengusaha hotel,”katanya.
——————————————————-
Kamis, 4 Juni 2015
Jurnalis       : Turmuzi
Fotografer : Turmuzi
Editor         : ME. Bijo Dirajo
——————————————————-
Lihat juga...