Rektor Terpilih IAIN Mataram Digugat ke PTUN

MATARAM – Pemilihan ulang rektor Institut Agama Islam Negeri (IAIN) Mataram yang menetapkan Mutawali sebagai rektor terpilih dinilai cacat hukum dan digugat ke Pengadilan Tata Usaha Negara (PTUN) oleh kubu Prof. Taufik yang sebelumnya gagal dilantik.

“Materi gugatannya sudah kita daftarkan ke PTUN Mataram dan tinggal menunggu kapan jadwal proses persidangannya akan dimulai,” kata anggota senat IAIN Mataram, Irzani di Mataram, Senin (29/6/2015).

Menurut Irzani dasar dilakukannya pemilihan ulang rektor IAIN Mataram yang menetapkan H. Mutawali sebagai rektor terpilih dan membatalkan melantik Prof.Taufik sama sekali tidak jelas. Padahal terpilihnya Prof. Taufik sudah melalui tahapan dan mekanisme yang ada, tapi kenapa kemudian pelantikannya dibatalkan dan dilakukan pemilihan ulang.

Irzani menambahkan, selain menggugat rektor terpilih, pihaknya juga menggugat pemilihan senat yang dilakukan pelaksana tugas (Pgs) rektor IAIN Mataram karena bertentangan Keputusan Menteri Agama (KMA) nomor 38 tahun 2014 dan peraturan BKN  tahun 2013 tentang tugas belajar

Menurut aturan tersebut dosen yang sedang tugas belajar tidak boleh diangkat menjadi senat, termasuk ikut memilih rektor, namun oleh Pgs rektor IAIN Mataram dosen-dosen yang sedang dalam tugas belajar tersebut tetap dipilih menjadi anggota senat, termasuk ikut memberikan hak suara pada pemilihan ulang rektor IAIN Mataram.

“Sewaktu pemilihan senat, wakil dosen sebanyak 6 orang dari Fakultas Tarbiyah, Syari’ah dan Dakwah yang ikut memberikan suara pada pemilihan ulang rektor IAIN Mataram ternyata sedang tugas belajar dan Berdasarkan Peraturan BKN nomor 41 tahun 2013, bahwa dosen yang sedang tugas belajar memang tidak memiliki hak untuk memilih senat,”katanya.

Maka otomatis semua produk senat ini termasuk pemilihan ulang rektor IAIN Mataram yang menetapkan H. Mutawalli sebagai rektor tidak sah dan melanggar aturan” katanya.

——————————————————-
SENIN, 29 Juni 2015
Jurnalis       : Turmuzi
Fotografer : Turmuzi
Editor         : ME. Bijo Dirajo
——————————————————-
Lihat juga...