Sambut Ramadhan, DPP Ikappi Himbau Waspadai Kebakaran

JAKARTA – Maraknya kebakaran pasar dan relokasi pedagang beberapa waktu belakangan menjadi perhatian serius dari memasuki bulan suci Ramadhan, Dewan Pimpinan Pusat Ikatan Pedagang Pasar Indonesia (DPP Ikappi). Menyikapi kejadian tersebut, Ketua Ikappi menyerukan beberapa poin himbauan agar menjadi perhatian banyak pihak.
Ketua umum DPP Ikappi, Abdullah Mansuri menyebutkan, terdapat empat poin yang harus menjadi perhatian serius banyak pihak, yakni tingkatkan kewaspadaan terhadap potensi kebakaran pasar, jangan ada penggusuran, perkuat tali silaturahmi antar pedagang dan Lakukan pengendalian harga.
Disebutkan, untuk kewaspadaan terhadap potensi kebakaran pasar. Kepada seluruh pedagang pasar tradisional, pengelola pasar maupun instansi terkait untuk semakin meningkatkan kewaspasaan atas terjadinya kebakaran pasar. 
“Intensifkan ronda malam dan tingkatkan pengawasan pasar ketika kondisi pasar ramai maupun sepi pengunjung. Para pedagang kami himbau agar berhati hati dalam penggunaan bahan yang dapat menimbulkan kebakaran maupun yang mudah terbakar,”sebutnya dalam press release yang diterima media ini pada Rabu (17/6/2015).
Disebutkan, hal sekecil apapun yang dapat menimbulkan kebakaran tersebut sebaiknya di antisipasi. Pihak pengelola dan instansi tekait harus segera melakukan pemeriksaan terhadap instalasi listrik maupun ketersediaan Hydran dan APAR. 
Selain itu, Dia juga mengingatkan untuk tidak ada penggusuran pasar tradisional maupun pedagang kakilima semala ramadhan. 
“KAPPI sangat mengecam segala upaya relokasi paksa/ penggusuran pasar tradisional dengan dalih apapun itu, seperti apa yang baru saja dipertontonkan oleh Pemerintah Kota Semarang yang menggusur pedagang pasar cagar budaya Peterongan,”sebutnya.
Segala bentuk relokasi paksa/ penggusuran pasar tradisional, apapun dalihnya adalah penistaan terhadap manusia dan rasa kemanusiaan. Oleh karena itu, kami seluruh pihak untuk menghormati bulan suci ramadhan ini. Alangkah baiknya bila diambil langkah komunikasi yang lebih intensif untuk mencari solusi dan titik temu terbaik. Segala kebuntuan yang biasanya terjadi justru 
Terkait Perkuat tali silaturahmi antar pedagang, Abdullah Mansuri menyebutkan, hal tersebut sangat penting, terutama pasar pasar yang kini tengah menghadapi rencana relokasi paksa oleh Pemerintah Daerah maupun yang baru saja ditimpa musibah kebakaran pasar. 
“Silaturahmi adalah poin penting agar soliditas pedagang semakin kuat dan mampu segera keluar dari permasalahan. Ramadhan adalah media yang efektif untuk meningkatkan soliditas pedagang,”katanya.
Selain itu, lakukan pengendalian harga. Jelang ramadhan harga harga kebutuhan pokok kian merangkak naik. DPP IKAPPI melihat permasalahan ini menjadi masalah yang tidak pernah bisa di selesaikan oleh pemerintah di setiap tahunnya.
——————————————————-
Rabu, 17 Juni 2015
Sumber       : DPP IKAPPI – Abdullah Mansuri
Fotografer : DPP IKAPPI – Abdullah Mansuri
Editor         : ME. Bijo Dirajo
——————————————————-
Lihat juga...