Satpol PP Kulon Progo Tingkatkan Pengawasan Produk Kadaluarsa

KULON PROGO –  Operasi pengawasan terhadap pasar tradisional, warung dan toko kelontong yang digelar kemarin, Satpol PP Kulon Progo menemukan makanan, kosmetik, minuman, bumbu racik, susu, obat-obat kadaluarsa, baik yang baru kadaluarsa 2015, maupun 2013, bahkan 2008.
“Makanan, minuman atau produk lain yang kadaluarsa kurang dari tiga bulan, masih kami berikan kelonggoran untuk ditukar ke distributor. Namun, barang yang kadaluarsanya lebih dari tiga bulan, langsung kami sita dan dimusnahkan,”kata Kepala Satpol PP, Duana Heru melalui Penyidik Pegawai Negeri Sipil (PPNS) Satpol PP Kulon Progo Debbie Hutabarat.
Disebutkan, banyaknya barang kadaluarsa ini disebabkan penjual tidak memperhatikan tanggal kadaluarsa. Dilain pihak, ada juga  distributor ‘Nakal’ mencampur barang yang baru dengan yang hampir kadaluarsa. 
“Biasanya pedagang tidak mengecek barang dagangannya karena saking banyaknya, pedagang lalai. Begitu juga distributor mencapur barang baru dengan yang hampir kadaluarsa,” kata Debbie.
Disebutkan, perlindungan pada Konsumen menjadi tangung jawab semua pihak. Salah satu komponen yang mengawal keberadaan Perda adalah Satpol PP. Untuk itu Satuan Polisi Pamong Praja Kabupaten Kulon Progo, Daerah Istimewa Yogyakarta, pada bulan Ramadhan, menjelang Lebaran 2015 ini akan terus mengadakan razia toko-toko kelontong dan warung untuk mengantisipasi penjualan produk makanan hingga kosmetik kadaluarsa.

——————————————————-
SELASA, 30 Juni 2015
Jurnalis       : Mohammad Natsir
Fotografer : Mohammad Natsir
Editor         : ME. Bijo Dirajo
——————————————————-
Lihat juga...