Sebagian Warga di Maluku Sudah Berpuasa di Hari ini

Kepala Kantor Wilayah Kementerian Agama Provinsi Maluku, Fesal Musaad
AMBON – Hasil sidang isbat penentuan 1 Ramadhan 1436 Hijriyah sudah ditetapkan oleh Pemerintah RI jatuh pada Kamis 18 Juni 2015. Namun sebagian warga Indonesia termasuk di Maluku sudah lebih awal berpuasa.
Pantauan CND di Maluku, beberapa umat muslim di Negeri/Desa di Maluku sudah berpuasa duluan diantaranya Desa Hila Kecamatan Leihitu Kabupaten Maluku Tengah Selasa malam (16/6/2015) mulai sahur untuk berpuasa pada Rabu (17/6/2015).
Bahkan umat muslim di Desa Buano Kabupaten Seram Bagian Barat sudah berpuasa sejak Senin 15 Juni 2015.
Di Kota Ambon khususnya, sebagain warga muslim juga ada yang sahur untuk puasa perdana pada hari ini.
Sebagian warga di Maluku itu memilih berpuasa duluan karena berpatokan kepada perhitungan bulan sesuai pegangan mereka masing-masing.
Sementara itu, Kepala Kantor Kantor Wilayah Kementerian Agama (Kankemenag) Provinsi Maluku, Fesal Musaad, yang dikonfirmasi CND di Ambon Selasa sore jelang maghrib,  mengatakan tim rukyat yang turun ke Latuhalat Kecamatan Nusaniwe Kota Ambon terkendala cuaca.
Dimana batas waktu pukul 18.13 WIT atau pukul 16.13 WIB yang ditentukan pihaknya tidak bisa melihat munculnya hilal melalui rukyat yag dilakukan Kemenag Maluku dibeberapa titik di Maluku.
Salah satunya di Desa Latuhalat Kecamatan Nusaniwe Kota Ambon, Selasa sore (16/6/2015), tim rukyat Kemenag Maluku tidak bisa melihat hilal karena tertutup awan hitam tebal.
Sehingga untuk 1 Ramadhan 136 Hijriyah Fesal Musaad menyatakan, Kemenag Maluku tetap mengikuti keputusan Pemerintah RI.
“Rukyat yang dilakukan tim Kemenag Maluku tidak bisa melihat hilal, karena cuaca buruk atau tertutup awan hitam tebal. Sehingga tim rukyat tidak bisa secara jelas melihat hilal,” terangnya.
Menyangkut sebagian warga di Maluku yang sudah mulai berpuasa, Fesal Musaad, tidak bisa membatasi hal tersebut.
“Yang jelas Kemenag Provinsi Maluku tetap mengikuti keputusan Pemerintah Pusat,” Singkatnya.
——————————————————-
Rabu, 17 Juni 2015
Jurnalis       : Samad Vanath Sallatalohy
Fotografer : Samad Vanath Sallatalohy
Editor         : ME. Bijo Dirajo
——————————————————-
Lihat juga...