Seleksi Jabatan Eselon dua NTB Libatkan Pansel Independen

Sekretaris Daerah NTB, H.Muhammad Nur
CENDANANEWS (Mataram) – Untuk mengisi jabatan eselon dua yang sedang lowong, Pemerintah Provinsi Nusa Tenggara Barat (NTB) akan melakukan seleksi secara terbuka bagi kalangan PNS dengan melibatkan panitia seleksi dari unsur pemerintahan dan independen.
“Seleksi dilakukan secara terbuka dengan melibatkan timsel independen agar pejabat-pejabat yang akan menempati jabatan eselon dua maupun satu diharapkan pejabat yang tepat,” kata Sekretaris Daerah, Muhammad Nur di Mataram, Senin (1/6/2015).
Komposisinya ada dua di dalam dan tiga dieksternal dimana mereka yang jadi pansel juga harus memenuhi berbagai kriteria yang telah ditetapkan dan sebagaimana yang telah diatur dalam UU ASN.
Seleksi yang melibatkan kelompok independen tersebut juga sebagai bagian dari amanat Undang-Undang (UU) Aparatur Sipil Negara (ASN) yang mengatur, bahwa pengakatan PNS untuk menempati jabatan tertentu terutama jabatan eselon satu dan dua harus melalui seleksi secara terbuka bagi semua kalangan PNS yang memang memenuhi persyaratan dan aturan yang telah ditetapkan.
Dikatakannya, jadi memang untuk pengangkatan jabatan eselon dua sifatnya normatif, artinya harus melalui Pansel selama PNS yang mengikuti seleksi terbuka untuk menempati jabatan yang lowong bisa memenuhi semua aturan dan persyaratan yang diatur dalam UU ASN.
“Saya ingin mengatakan bahwa lelang terbuka tidak ada itu, karena jabatan tersebut bukan barang, ini memang harus melalui Pansel, maksudnya rekrutmen tersebut terbuka, artinya siapa yang merasa memenuhi persyaratan sesuai aturan dan komponen yang telah ditetapkan, boleh mengikuti,”katanya.
Nanti akan diseleksi melalui tahapan-tahapan sesuai aturan yang diatur dalam UU ASN saya sudah suruh, BKD untuk segera mengkonsultasikan dengan KSN, agar tidak terjadi miskomunikasi dalam pelaksanaannya.
——————————————————-
Senin, 1 Juni 2015
Jurnalis       : Turmuzi
Fotografer : Turmuzi
Editor         : ME. Bijo Dirajo
——————————————————-
Lihat juga...