Tarian Caci Ramaikan Peresmian Gereja Baru Paroki Ngkor NTT

Suasana Tarian Caci
FLORES – Umat Gereja Katolik Paroki Santo Wilhelmus Ngkor di lingkungan Keuskupan Ruteng, Manggarai, Flores, NTT, mempertunjukkan tarian Caci untuk meramaikan peresmian gedung Gereja Paroki baru.
Hal ini disampaikan oleh salah seorang umat Paroki Ngkor, Gregorius Nggarus, Jumat (19/06/2015). “Ini syukuran adat bahwa umat Paroki Ngkor sudah berhasil membangun sebuah gedung Gereja baru,” ungkapnya kepada CND, Sabtu (20/6/2015).
Caci merupakan tarian tradisional orang Manggarai yang dimainkan secara berpasang-pasangan oleh  kaum laki-laki. Karakter dasar tarian Caci adalah tarian perang yang diiringi irama pukulan gong dan gendang.
Para penari sesekali akan saling menyerang secara bergantian dengan menggunakan cambuk  yang terbuat dari irisan kulit kerbau kering (lempa). Sementara itu, untuk melindungi diri terhadap cambukan lawan, salah seorang penari lain memakai perisai bundar yang juga terbuat dari kulit kerbau (nggiling).
Caci tampaknya merupakan tarian agung dalam kebiasaan adat orang Manggarai sebab dimainkan hanya untuk upacara-upacara besar tertentu.
“Caci wajib dimainkan setiap kali orang Manggarai merayakan peresmian gedung Gereja baru,” ungkap Gregorius. Dalam rangka merayakan peresmian Gereja baru kali ini, umat Paroki Ngkor menyelenggarakan tarian Caci selama dua hari, Jumat- Sabtu (19-20/06/2015).
Proses pembangunan gedung baru Gereja Paroki Ngkor, pasalnya, dimulai sejak tahun 2004. Sempat terhenti selama beberapa tahun, tetapi akhirnya tuntas dibangun tahun 2015. “Tetapi memang candi gerejanya belum selesai, masih sementara dibangun,” kata Kepala Tukang, Aloysius Gagut.
Suksesnya pembangunan gedung Gereja baru Paroki Ngkor, diakui umat, tidak terlepas dari peran penting Pastor Paroki, Romo Richardus Manggu, Pr. “Dia yang bikin proposal ke mana-mana. Memang ada swadaya umat, tetapi tidak seberapa,” jelas Gregorius.
——————————————————-
SABTU, 20 Juni 2015
Jurnalis       : Fonsi Econg
Fotografer : Fonsi Econg
Editor         : ME. Bijo Dirajo
——————————————————-
Lihat juga...