Tekan Harga Elpiji 3 KG, Pertamina Gelar OP di Balikpapan

Operasi Pasar Elpiji 3 KG
BALIKPAPAN – Untuk menekan harga eceran elpiji 3 kilogram kepada konsumen, PT Pertamina menggelar operasi pasar (OP) hari ini pada 8 titik di kota Balikpapan, Kalimantan Timur. 
General Manager Marketing Operation Region (MOR) VI Kalimantan, Faris Aziz mengungkapkan, operasi pasar ini untuk memastikan pasokan LPG bersubsidi untuk masyarakat miskin dan usaha mikro aman, sekaligus mengendalikan harga eceran tertinggi di tingkat pedagang.
“Kami ingin memastikan kepada masyarakat bahwa Pertamina berkomitmen terhadap ketersediaan stok LPG baik 3 Kg selama Ramadan dalam kondisi aman dan kondusif,” tegasnya kepada media, Kamis (25/6/2015).
Ia melanjutkan setelah operasi pasar digelar dilanjutkan dengan monitoring dan evaluasi berdasarkan kondisi riil di masyarakat sesuai dengan realisasi dari operasi pasar ini. 
“Yang penting masyarakat tidak panik dan ketersediaan stok LPG tetap terjaga sekaligus harga eceran juga dapat ditekan,” kata Faris.
Untuk itu, Azis menghimbau kepada masyarakat untuk membeli LPG pada penyalur resmi yaitu pangkalan dan SPBU dengan maksimal dua tabung. Diketahui harga eceran tertinggi LPG 3 Kilogram di Balikpapan berkisar Rp16 ribu. 
“Yang harus diperhatikan konsumen harus membeli dipenyalur resmi LPG. Kami akankenakan sanksi bila pangkalan yang menjual diluar harga HET,” ucapnya.
Di kesempatan yang sama saat operasi pasar elpiji 3 Kg salah satu warga Balikpapan yang tinggal di kawasan ruhui Rahayu – Teddy mengungkapkan saat ini kesulitan mencari elpiji 3 kilogram. Karena ada beberapa Toko penjual Elpiji 3 KG kosong. Sehingga harus beralih ke Toko eceran lainnya. 
“Elpiji 3 KG banyak yang pakai sehingga kosong stok di beberapa Toko eceran elpiji 3 kilogram. Meskpiun ada harganya juga sekitar Rp20 ribu,” paparnya.
Hal yang sama juga diungkapkan Yanti warga Gunung sari. Menurutnya, elpiji 3 Kg ini tidak dicari harnya terkadang kosong. Harapannya dibulan Ramadan stok elpiji ada dan harga tidak naik. 
“Kalo beli dieceran memang agak mahal, namun beli diSPBU harga sesuai pemda Cuma agak jauh dari rumah,” imbuhnya.
——————————————————-
KAMIS, 25 Juni 2015
Jurnalis       : Ferry cahyanti
Fotografer : Ferry cahyanti
Editor         : ME. Bijo Dirajo
——————————————————-
Lihat juga...