Telan Puluhan Miliar, Pembangunan Masjid Murni Swadaya

Menara masjid Al-Ra’isiyah Kelurahan Sekarbela, Kota Mataram nampak berdiri kokoh menjulang ke udara

MATARAM – Ketua Panitia Pembangunan masjid Al-Ra’isiyah, Sekarbela Kota Mataram, Saifulhak mengatakan, meski bangunan masjid sudah megah dan berdiri kokoh seperti sekarang dan telah menghabiskan dana puluhan miliar, namun sumber anggaran dana pembangunan masjid murni dari swadaya masyarakat.
“Sumber anggaran dana pembangunan masjid Al-Ra’isiyah sampai sekarang murni dari hasil swadaya masyarakat Kelurahan Sekarbela dan tidak pernah menerima bantuan dari pihak,instansi termasuk lembaga manapun,” kata Saifulhak di Mataram, Rabu (24/6/2015).
Menurut Saiful dari lima kali melakukan renovasi dan perluasan bangunan masjid masyarakat secara ramai-ramai melakukan urunan dan berlomba-lomba mengeluarkan sumbangan untuk masjid, ada yang mengeluarkan lima juta bahkan ada yang sampai sepuluh juta.
Ditambahkan Saiful, bahkan perluasan areal masjid ditengah permukiman warga yang demikian padat, beberapa warga yang tinggal di sekitar masjid malah merelakan rumahnya digusur, tapi oleh panitia pembangunan masjid termasuk warga lain bergotong royong urunan mengeluarkan untuk membeli tanah dan menggantikan rumah warga yang terkena perluasan masjid.
“Untuk pembangunan tiang masjid yang jumlahnya dua belas saja, dimana satu tiang bisa menelan dana belasan juta, panitia menggunakan sistim lelang, dan itu tidak belansung lama, warga seakan berlomba dan tidak segan mengeluarkan uang dalam jumlah besar,” ungkapnya.
Lebih lanjut Saiful mengatakan, besarnya animo dan semangat menyumbang bagi dana pembangunan masjid di Sekarbela selain karena sebagian besar masyarakat merupakan pengusaha mas dan mutiara, juga karena didorong spirit religiusitas keberagamaan yang demikian tinggi dan diwariskan secara turun temurun dari nenek moyang sampai sekarang.
——————————————————-
RABU, 24 Juni 2015
Jurnalis       : Turmuzi
Fotografer : Turmuzi
Editor         : ME. Bijo Dirajo
——————————————————-
Lihat juga...