Tempat Ngabuburit Favorit Warga Lampung Selatan

Menara Siger
LAMPUNG – Menunggu saat berbuka puasa dilakukan oleh warga Lampung Selatan Provinsi Lampung dengan melakukan aktifitas aktifitas bersama keluarga, kerabat. Aktifitas yang dilakukan tersebut diantaranya dengan berkumpul, berkeliling dengan kendaraan bermotor di beberapa tempat favorit yang juga menyediakan menu berbuka puasa yang biasa disebut takjil. Selain itu lokasi yang memiliki view bagus menjadi pilihan.
Berdasarkan pantauan media CND, beberapa tempat yang dijadikan pilihan warga untuk melakukan aktifitas ngabuburit diantaranya lokasi: Menara Siger di Bakauheni, Dermaga Pantai Boom Kalianda, Jembatan Way Sekampung. Serta beberapa tempat ngabuburit favorit warga. Berikut tempat ngabuburit yang terlihat selalu ramai dikunjungi warga di Lampung Selatan dalam pantauan CND:
1. Menara Siger

Menara Siger merupakan sebuah tempat wisata favorit yang menjadi ikon Provinsi Lampung. Bangunan yang menyerupai mahkota wanita khas Lampung tersebut merupakan “Monas”nya Lampung. Dari Selat Sunda bagi para pengguna jasa pelayaran kapal Roll on Roll Of bangunan berwarna kuning emas ini terlihat menjulang di atas bukit.
Nah, lokasi ini pada hari biasa merupakan lokasi untuk melakukan kegiatan olahraga futsal, sekedar bersosisasi dengan warga lainnya. Lokasi ini menjadi lebih ramai pada setiap sore menjelang maghrib dan berbuka puasa. Keramaian terlihat di pintu masuk, di lokasi Menara Siger bahkan hingga ke luar jalan Menara Siger dipenuhi ribuan orang berkendara motor.
Menurut salah satu warga Bakauheni Teguh (35) keramaian terjadi karena banyak remaja melakukan aktifitas menunggu berbuka puasa dengan berkumpul di sekitar Menara Siger. Tak jarang beberapa pemuda pecinta kendaraan motor roda dua menggunakan jalan di depan Menara Siger sebagai ajang “show” motor motor bagus dan acapkali aksi kebut kebutan dan free style pun terjadi.
“Lebih ramai lagi bahkan hingga macet karena banyak pendagang minuman, makanan untuk berbuka puasa di depan Menara Siger sehingga jalan di sini selalu ramai,”ungkap Teguh kepada Cendananews.com Jumat (19/6/2015).
Keramaian tersebut akan terus terjadi selama bulan Ramadhan. Tak hanya warga di Kecamatan Bakauheni tetapi dari Kecamatan lain di Lampung Selatan; Penengahan, Kalianda, Ketapang dan beberapa kecamatan lain. View bagus ke Selat Sunda dan Menara Siger menjadi daya tarik tersendiri bagi warga untuk ngabuburit.
2. Dermaga Pantai Boom

Dermaga Pantai Boom merupakan sebuah pantai yang menjadi Tempat Pendaratan Ikan (TPI) yang selalu ramai dikunjungi warga setiap hari. Lokasi yang berada di kota Kalianda dan doilengkapi fasilitas dermaga kapal kapal nelayan, lokasi Amphiteater, pasar ikan higienis membuat lokasi ini dijadikan lokasi favorit untuk ngabuburit selama bulan ramadhan.
Warga berkumpul bersama keluarga, kerabat menghabiskan sore sambil menunggu adzan maghrib dan Matahari terbenam di Laut Selat Sunda. Selain itu warga pun bisa menikmati wisata kuliner berbahan dasar ikan mulai dari otak otak, pepes ikan serta produk olahan ikan lainnya.
“Kami ke sini karena nyaman dan juga bagus viewnya melihat laut, perahu, kapal bisa juga membeli ikan olahan atau ikan yang masih segar,”ungkap Yuyun kepada CND.
Yuyun dan ribuan warga lain mengaku dermaga pantai Boom dari tahun ke tahun selalu menjadi lokasi favorit warga di Lampung Selatan. Lokasi strategis di kota Kalianda menjadi pilihan lokasi ini dijadikan tempat ngabuburit.
3. Jembatan Way Sekampung
Jembatan Way Sekampung merupakan “jembatan kembar” yang berada di atas Sungai Way Sekampung. Merupakan jembatan penghubung Kabupaten Lampung Selatan dan Kabupaten Lampung Timur. Lokasi ini menjadi sangat favorit karena selain menjadi lokasi bersosialisasi warga juga bisa melihat viem matahari terbenam.
Selain itu ribuan warga dari dua kabupaten melakukan tradisi ngabuburit seraya membel keperluan berbuka puasa. Beberapa warga juga menggunakan momen tersebut untuk memancing di jembatan kembar tersebut.
“Kami bisa berkenalan dengan teman dari kabupaten lain dan ini terjadi setiap bulan Ramadhan, seperti kompak lokasi ini selalu jadi lokasi favorit,”ungkap Ahmad warga Lampung timur.
Jembatan sepanjang ratusan meter tersebut bahkan terkadang penuh sesak dengan warga yang menggunakan kendaraan bermotor. Dua jembatan dengan dua jalur tersebut bahkan terkadang macet akibat warga memarkirkan kendaraannya di jalan yang ada di atas jembatan.
Lokasi ngabuburit yang ada di Lampung Selatan pun tak hanya terkonsentrasi di tempat tempat tersebut tapi di beberapa tempat lain. Namun warga tetap memiliki tujuan sama yakni menunggu maghrib saatnya untuk berbuka puasa. Lokasi yang bagus dan ketersediaan pedagang penjual makanan minuman untuk berbuka puasa kebanyakan menjadi pilihan untuk dijadikan lokasi ngabuburit.
——————————————————-
JUMAT, 19 Juni 2015
Jurnalis       : Henk Widi
Fotografer : Henk Widi
Editor         : ME. Bijo Dirajo
——————————————————-
Lihat juga...