Tidak Sesuai, Kades Gololambo NTT Kembalikan Raskin ke Dolog

Tumpukan Beras
FLORES – Kepala Desa (Kades) Golo Lambo, Kecamatan Satarmese, Kabupaten Manggarai, Flores, NTT, Siprianus Jehalu, akhirnya mengambil sikap untuk mengembalikan jatah raskin (beras miskin) tahun 2015 untuk warga di desanya ke Subdolog Ruteng, Kabupaten Manggarai, Flores, NTT.
Jehalu mengakui,  keadaan raskin yang didrop di desanya, Kamis, (25/06/2015) lalu, terbukti tidak sesuai dengan ukuran yang ditetapkan dolog.
“Setelah kami timbang, hanya 13 kilogram saja per-karung berukuran 15 kilogram. Seharusnya 15 kilogram. Jadi, kurang 2 kilogram,” tuturnya, Senin (29/06/2015).
Waktu diterima dari Subdolog Ruteng, kata dia, banyaknya beras tepat 15 kilogram per-karung. Beras ini kemudian disalurkan ke desa melalui kontraktor. Jehalu menduga, kontraktor yang menyedot sebanyak 2 kilogram pada setiap karungnya. “Jadinya hanya 13 kilogram,” ungkapnya.
Para Ketua RT/RW, Kepala Dusun dan para tokoh masyarakat, diakui Jehalu, telah mengetahui pula persoalan ini secara langsung. Mereka yang menimbang beras per-karungnya. “Ada 89 karung. Lalu kali saja dengan 2 kilogram,” jelasnya.
Jatah raskin untuk Desa Gololambo, kata Jehalu, sudah dikembalikan ke Subdolog Ruteng hari ini, Senin (29/06/2015).
Pasalnya, keputusan untuk mengembalikan raskin tersebut ke dolog sudah berdasarkan hasil koordinasi dengan Camat Satarmese dan pihak Subdolog Ruteng dan BPD Gololambo.
“BPD Gololambo tolak. Kemudian tadi, saya sudah ketemu sama Kepala Dolog. Dia bilang, antar pulang saja beras itu. Begitu juga kata Pak Camat,” akuinya saat masih di Kampung Maumere, Ruteng. 
——————————————————-
SENIN, 29 Juni 2015
Jurnalis       : Fonsi Econg
Fotografer : Miechell Koagouw
Editor         : ME. Bijo Dirajo
——————————————————-
Lihat juga...