Tiket Balikpapan – Surabaya dan Yogya Paling Diburu Pemudik

Counter penjualan tiket

BALIKPAPAN – Tradisi mudik Lebaran menjadi tradisi tahunan para perantau, meskipun harga tiket melambung tinggi jelang Lebaran mendatang. Pasalnya, tiket penerbangan dari Balikpapan rute Surabaya dan Yogya paling laku terjual oleh pemudik yang dimulai sejak H-14 hingga Hari H. 
“Rute pulau Jawa menjadi rute yang paling laku terjual, dan ini sudah menjadi tradisi dari tahun ke tahun,” ungkap Area Manager Lion Air Okke Stela saat dijumpai di kantornya.
Okke menyebutkan rute yang jadi kantong mudik seperti Surabaya juga sudah dipadati calon penumpang. “Harga open Rp1,4 juta. Khusus H-4 sudah full mulai penerbangan pagi sampai sore, malam baru open lagi,” jelasnya, Jumat (12/6/2015).
Untuk rute Jakarta harga juga dibuka naik 100 persen dari harga reguler. Meski bukan rute klasik saat mudik. ” untuk rute Jakarta kami masih open artinya seatnya masih tersedia cukup banyak tapi harganya memang tinggi, Rp1,9 juta dari normal Rp800 ribuan,” paparnya. 
Hal yang sama juga diungkapkan yang sama District Manager Citilink R Pramono saat dijumpai di kantornya. “Tujuan Surabaya dan Jogja sudah terisi 80 persen. Sedangkan Jakarta dan Makassar masih normal, hanya saja harga dibuka sudah tinggi,” jelasnya.
Kalau pun ada seat yang tersisa, harga tiket yang dibandrol mencapai Rp1,4 juta. Sementara tujuan Jogja, harga tiket atas tempat duduk yang tersisa dipatok Rp1,5 juta.
Normalnya, masing-masing secara berurutan Rp650 ribu dan Rp800 ribu. Kedua rute tersebut dibuka 3 kali setiap hari untuk Surabaya dan 1 kali ke Jogja.
Mengacu tren isian penumpang yang terus meningkat, Pramono mengaku sudah mengajukan extra flight. Utamanya untuk Surabaya. “Tapi sampai sekarang belum ada jawaban,” imbuhnya. 
——————————————————-
Jumat, 12 Juni 2015
Jurnalis       : Ferry cahyanti
Fotografer : Ferry cahyanti
Editor         : ME. Bijo Dirajo
——————————————————-
Lihat juga...